Sukses

Ribuan Relawan Dukung Gerakan Kontingen Kebaikan

Liputan6.com, Jakarta Selama penyelenggaraan Asian Games 2018, stadion di Jakarta, Palembang, dan beberapa daerah sekitar Jakarta tak pernah sepi dari pengunjung. Selain atlet, ofisial, dan suporter yang hadir di sana, tampak juga ribuan anak muda sedang membersihkan sampah. Siapakah mereka?

Rupanya, para anak muda tersebut merupakan bagian dari komunitas Indorelawan dan sedang menjalankan tugasnya sebagai #KontingenKebaikan. Ya, mereka mengikuti kampanye #KontingenKebaikan yang diselenggarakan oleh AQUA.

"Pada ajang Asian Games ini, sebanyak 4.000 relawan turun dan mengedukasi publik agar menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat sekaligus memastikan kebersihan venue. Selama penyelenggaraan Asian Games 2018, #KontingenKebaikan melakukan berbagai aktivitas di empat area penyelenggaraan di Jakarta, yaitu Jakarta, Bogor, dan Palembang," ujar Direktur Komunikasi Danone Indonesia, Arif Mujahidin, dalam keterangan rilisnya, Senin (27/8/2018).

Indorelawan mengerahkan 4.000 relawan sepanjang perhelatan Asian Games 2018 yang berperan aktif menjadi #KontingenKebaikan dan menebar nilai-nilai kebaikan warisan bangsa Indonesia. Mereka bersemangat membersihkan sampah di area pertandingan dan memberikan edukasi kepada penonton tentang menjaga lingkungan.

Direktur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti, mengatakan bahwa kampanye #KontingenKebaikan sejalan dengan slogan mereka ‘ubah niat baik jadi aksi baik hari ini’.

“Kolaborasi ini juga sangat pas dengan misi kami, yang menghubungkan organisasi dengan relawan untuk mendorong semangat gotong-royong sebagai gaya hidup pada masyarakat Indonesia,” ujarnya.

AQUA sebagai sponsor resmi air mineral mengadakan sebuah gerakan sosial bertajuk #KontingenKebaikan selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Kampanye ini mengajak seluruh masyarakat dari Sabang hingga Merauke untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan.

AQUA memahami betul bahwa masyarakat Indonesia memiliki keutamaan ramah, tenggang rasa, dan menjunjung tinggi kebersamaan. Merek air mineral keluaran Danone ini pun ingin menunjukkan jati diri bangsa Indonesia itu kepada negara lain yang datang ke sini.

Dalam menjalankan kampanyenya, AQUA mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjadi bagian dari #KontingenKebaikan dengan melakukan tindakan kebaikan yang menjadi warisan nilai-nilai budaya Indonesia. Menampilkan sikap ramah tamah, gotong royong, dan tolong menolong, sehingga dapat mengharumkan nama bangsa di mata dunia sebagai tuan rumah yang baik.

#KontingenKebaikan melakukan berbagai aktivitas di empat area penyelenggaraan Asian Games 2018, yaitu di Gelora Bung Karno dan Kemayoran Jakarta, Stadion Pakan Sari Bogor, dan Stadion Jakabaring Palembang. Di setiap lokasi itu, ada stan Danone-AQUA di mana para #KontingenKebaikan melakukan kegiatan seperti edukasi mengenai pentingnya pemilihan sampah serta daur ulang sampah.

Meski Asian Games 2018 telah berakhir, semoga gerakan sosial seperti #KontingenKebaikan akan terus ada di even olahraga lainnya. Dengan begitu, nama harum Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara ajang olahraga yang baik tak akan pernah pudar.

 

 

(*)