Sukses

Berat Badan Kurang, Pegulat Indonesia Gagal Tampil di Asian Games 2018

Lulut menjadi salah satu pegulat andalan di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar buruk menimpa tim gulat Indonesia di Asian Games 2018. Salah satu pegulat yakni Lulut Gilang Saputra gagal tampil karena berat badannya tidak memenuhi persyaratan.

Lulut seharusnya tampil di kelas grego putra 87 kg. Sesuai regulasi kelas ini mewajibkan pegulat yang bertanding beratnya harus di atas 77,1 kg.

Namun setelah ditimbang Lulut hanya berbobot 74 kg. Atau kurang 3,1 kg dari minimal berat badan yang dipersyaratkan.

"Ya dia tidak bisa bertanding karena berat badannya tidak sampai batas minimal. Kondisinya memang kurang maksimal sejak mengikuti latihan di Bulgaria," ujar pelatih gulat Indonesia, Fathur Rahman seperti dilansir Antara.

"Selama tiga bulan di sana, berat badannya naik-turun. Bahkan usai kembali beratnya tak kunjung ideal dan maksimal hanya 75 kg," katanya menambahkan.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Maksimal

Tim pelatih bukan tanpa upaya menyiapkan kondisi Lulut agar bisa turun di Asian Games. Namun mereka gagal menambah berat badan pegulat asal Jawa Timur tersebut.

"Kami sudah cek ke dokter dan cek darah, hasilnya normal. Konsumsi makannya juga banyak tetapi tidak bisa bertambah beratnya," kata Fathur.

Gagalnya Lulut membuat lawannya, Samat Shirdakov asal Kyrgystan dinyatakan menang tanpa bertanding.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.