Sukses

Asian Games 2018: Bersama Jordan Clarkson, Filipina Siap Bungkam Tiongkok

Clarkson akan jadi tumpuan utama Filipina di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Filipina akan bertemu dengan Tiongkok pada lanjutan cabang olahraga bola basket Asian Games 2018, Selasa (21/8/2018). Tim Gilas sudah bisa menurunkan bintang NBA Jordan Clarkson.

Clarkson absen pada laga perdana Filipina di Asian Games 2018 melawan Kazakhstan Jumat pekan lalu. Ketika itu Clarkson baru mendarat di Jakarta beberapa jam sebelum rekan-rekannya bertanding.  

Pemain Cleveland Cavaliers itu terlambat hadir di Asian Games 2018 karena NBA sempat melarangnya turun di ajang empat tahunan tersebut. Namun lobi Filipina akhirnya membuahkan hasil.

Clarkson diperkirakan akan melakoni debut di timnas Filipina saat melawan Tiongkok. Pemain senior Filipina, Asi Taulava yakin kehadiran Clarkson dan Stanley Pringle akan membuat timnya bisa membuat kejutan.

"Bersiaplah, Tiongkok untuk pertunjukan JC dan Pringle," kata Taulava seperti diberitakan South China Morning Post.

Meski akan bertumpu pada Clarkson dan Pringle yang tampil gemilang di laga pertama, Filipina tak mau terlalu bergantung pada keduanya.

"Tapi bukan hanya dua pemain itu saja. Kami memiliki banyak pemain yang bisa melakukan pekerjaan ini," lanjut pria 45 tahun itu.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi

Filipina sempat mendominasi bola basket putra di awal Asian Games. Mereka selalu menang medali emas basket putra pada empat Asian Games pertama. Namun perlahan dominasi Filipina memudar dibawah bayang-bayang Tiongkok, Korea Selatan dan negara lainnya.

Gilas sudah lama tak pernah merebut medali emas Asian Games pada cabor basket putra. Terakhir kali mereka meraih emas tahun 1962, juga di Indonesia. Sedangkan medali terakhir yang didapat tim basket Filipina adalah perunggu pada 1998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.