Sukses

Asian Games 2018 Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi RI

Menteri Darmin Nasution mengungkapkan keberadaan Asian Games 2018 seperti ini pasti akan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan jadi tuan rumah  Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Ajang ini tentu diharapkan bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, keberadaan Asian Games 2018 seperti ini pasti akan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

"Ya Pasti ada dampak positifnya," ujar dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Namun seberapa besar dampaknya, lanjut Darmin, baru akan terlihat saat ajang pesta olahraga se-Asian tersebut berlangsung. Sebab, sebelumnya Indonesia baru sekali menjadi tuan rumah Asian Games, yaitu pada 1962.

"Tapi kan kita belum mengalami yang begini, sehingga kalau anda tanya berapa besar susah. Tapi nanti kita kalkulasi, rasanya karena biasanya kalau Pemilu nasional tahu kita," ungkap dia.

Meski demikian, menurut dia, selain akan berdampak ke pariwisata, adanya Asian Games 2018 juga diperkirakan akan membangkitkan sektor belanja di dalam negeri.

"(Selain wisata) Dari belanja orang," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Ritel Diprediksi Meningkat

Penjualan sektor ritel diprediksi tumbuh saat gelaran Asian Games 2018. Sebelumnya masa libur panjang dan Lebaran mampu mendongkrak pertumbuhan di sektor tersebut.

"Harusnya sih (penjualan) signifikan ya, apalagi masyarakat atensi sangat besar. Libur sekolah kemarin gitu kan. (Asian Games) jadi sangat besar," ujar Head of Corporate Communication PT Map Aktif Adiperkasa (MAP), Fetty Kwartati di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Fetty optimis kontribusi ritel akan membawa dampak cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. Terlebih Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla juga tengah menggemborkan pelaksanaan event yang digelar empat tahunan tersebut, dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh perusahaan ritel pada Asian Games.

"Jadi saya tambahkan Asian Games ini memang sudah menjadi program pemerintah di mana Bapak Jokowi sendiri menghimbau ada pesta belanja selama Asian Games. Jadi para peritel yang terlibat dalam asosiasi ritel melakukan event-event khusus dalam menyambut Asian Games," dia menambahkan.

"Tahun ini, persiapan pemerintah maupun panitia Asian Games keliatannya sangat intens untuk mensukseskan acara Asian Games termasuk dari kami para peritel juga diminta untuk full support," sambung dia.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk atau (MAA), Ratih D Gianda, menyebut jika pelaksanaan Asian Games 2018 menjadi momentum bagi bisnis perusahaan yang bergerak di bidang fashion dan gaya hidup ini.

"Asian Games itu mungkin momentum yang baik untuk indonesia karena kita bergerak dibidang sport ya jadi itu membawa apa ya selain Asian Games mungkin semangat masyarakat untuk sekarang seperti olahraga dan lari itu juga bukan hanya lari mungkin brand yang lain sebagiannya juga kita menyediakan produk produknya," ungkap dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.