Sukses

Intip Kemegahan Panggung Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Panggung upacara pembukaan Asian Games 2018 menjadi salah satu yang terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upacara pembukaan acara sejenis.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan panggung yang memiliki berat total 600 ton dan ukuran panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter. Panggung ini menjadi salah satu yang terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upacara pembukaan acara sejenis.

Acara pembukaan Asian Games 2018 itu akan diadakan pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Acara pembukaan itu akan menampilkan konsep keindahan alam dan keragaman budaya asli Indonesia.

Kabar kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 tersebut didapat melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (9/7/2018).

"Sebuah gunung yang indah ini diisi lebih dari 12.775 tanaman dan bunga, dengan luas lebih dari 1.350 meter persegi serta mengalir air terjun yang dialiri 140.000 liter air dan membentang 3.000 meter persegi rumput hijau yang mempercantik keindahannya," begitu isi keterangan resmi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi

Konsep tersebut diperkuat dengan teknologi proyektor dan pencahayaan yang akan membuat semuanya menjadi lebih sensasional. 

"Kemudian, dibangun terowongan tersembunyi sepanjang kurang lebih 50 meter agar para pengisi acara nantinya dapat melakukan pergerakan di seluruh area panggung," tulisnya lagi.

3 dari 4 halaman

Tiga Bulan Pengerjaan

Wishnutama, Creative Director upacara pembukaan Asian Games 2018, menyampaikan bahwa konsep menampilkan keindahan alam dan keragaman Indonesia ke mata dunia itu cukup penting.

“Sangat penting bagi kami untuk menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia di dalam acara pembukaan Asian Games 2018 ini, untuk memperkuat rasa bangga dan cinta kita terhadap bangsa dan negeri ini,” ujar Wishnutama dalam keterangan tersebut.

Panggung berbentuk gunung tersebut saat ini masih dalam pengerjaan. Sejak awal pengerjaan hingga selesai diperkirakan memakan waktu tiga bulan.

Panggung itu terdiri dari 175 bagian yang dibuat secara manual oleh 350 perajin yang berada di Bandung dan Jakarta.

 

 

4 dari 4 halaman

Via Vallen

Dalam acara pembukaan itu, turut hadir pula deretan artis Tanah Air, salah satunya Via Vallen. Hal tesebut disampaikan seksi komunikasi panitia pelaksana Asian Games 2018, Syanda Kunto, beberapa waktu lalu. 

"Kemungkinan besar tentunya Via Vallen akan tampil di pembukaan nanti, karena ada lagu theme song yang dibawakan oleh Mba Via Vallen, kemungkinan besar akan tampil di pembukaan tanggal 18 Agustus nanti," katanya saat itu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.