Sukses

SEA Games: Fictor Roring Sudah Kantongi Skuat Timnas Basket Putra

Calon pemain Timnas Bola Basket Putra Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 merupakan hasil pantuan dari IBL dan ABL.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Bola Basket Putra Indonesia Fictor Roring mengatakan sudah mengantongi sekitar 30 nama yang akan menjadi calon penghuni skuatnya yang akan tampil pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Kami sudah siapkan 24 sampai 30 nama. Kriteria pemainnya, saya hanya mau yang terbaik di setiap posisi, tak penting nama besar," kata Fictor di Jakarta, Kamis (11/1/2018), seperti dinukil dari Antara.

Pria yang akrab disapa Ito ini melanjutkan, para calon pemain timnas itu merupakan hasil pantauannya dari Liga Bola Basket Indonesia (IBL) dan Liga Bola Basket ASEAN (ABL).

Selain itu, dia juga mengaku memantau liga mahasiswa dan pertandingan-pertandingan kelompok umur. "Saya terbuka untuk semuanya. Kalau saya anggap punya kapasitas bagus, pasti saya panggil ke tim nasional," tutur Fictor.

Dengan adanya 24-30 nama, Fictor menyatakan siap menurunkan dua tim di turnamen uji coba atau test event Asian Games 2018 yang digelar 10-24 Februari 2018. Namun, jika dalam praktiknya hanya diperbolehkan membawa satu tim ke test event, dia menyebut dirinya cuma menyertakan 14-15 nama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naturalisasi

Pemain Timnas Basket Indonesia, Mario Wuysang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Terkait wacana pemain naturalisasi untuk Asian Games 2018, pelatih yang membawa timnas bola basket putra Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2007 dan 2015 itu mengaku semuanya masih dalam proses.

"Hal itu tidak mudah. Akan tetapi, Indonesia kan masih punya pemain naturalisasi. Semuanya masuk dalam pantauan kami," ucapa Fictor.

3 dari 3 halaman

Pemusatan Latihan

Sementara mengenai persiapan timnas menuju Asian Games 2018, Fictor mengatakan akan semakin intensif usai IBL 2017-2018. Ia mengungkapkan bahwa timnya berencana mengadakan pemusatan latihan ke dua negara.

"Mau tidak mau kami harus keluar karena kami tidak ada lawan di Indonesia. Rencananya kami ke Amerika Serikat dan satu negara lagi di Eropa," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.