Sukses

Pinggiran Kota China Jadi Lokasi Penyelenggaraan APEC 2014

Kesuksesan pagelaran KTT APEC 2013 di Bali mengundang decak kagum dari China sebagai calon tuan rumah tahun depan.

Kesuksesan pagelaran KTT APEC 2013 di Bali mengundang decak kagum dari China sebagai calon tuan rumah tahun depan. Sama halnya seperti Indonesia, China tidak akan memilih ibukota Shanghai sebagai lokasi KTT APEC 2014 yang akan menjadi tanggung jawabnya. Lalu di mana lokasi APEC 2014 diselenggarakan?"

Lokasi APEC nantinya akan berjarak 50 kilo meter dari Kota Beijing," ungkap Dirjen Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wilayah Beijing Zhao Huimin seperti ditulis, Rabu (9/10/2013).Meski dilakukan di lokasi pedesaan dan bukan di Shanghai, Zhao mengatakan tak ada perbedaan yang signifikan selain tempat transit para pemimpin 21 negara APEC. Jika biasanya para pemimpin negara disuguhkan dengan lokasi yang serba modern, China justru mencoba menghadirkan nuansa pedesaan yang masih sangat asri."Perbedaan paling signifikan mungkin tempat transit para kepala negara. Biasanya para pemimpin negara datang ke lokasi yang serba modern, tak banyak yang datang ke desa (di China). Di sana para pemimpin negara dapat menikmati pemandangan yang indah," jelas dia.Menurut dia, hal tersebut menjadi satu-satunya perbedaan terbesar antara penyelenggaraan di Shanghai dan Beijing. Namun dari segi tempat, lokasi penyelenggaraan APEC 2014  nantinya tak banyak berbeda dengan yang tersedia di kota besar. Sementara menurut Zhao, ajang ini juga dapat memberikan peluang untuk membangun Beijing."Konferensi APEC dapat menjadi pintu menuju masa depan Beijing yang lebih baik," ujarnyaDalam kesempatan tersebut dia juga menjelaskan akan mengenalkan penerapan ekosistem yang indah dan ramah lingkungan di area perkotaan di Beijing. Di sana para pemimpin negara dapat melihat bagaimana Beijing membangun konstruksi yang ramah lingkungan dan tanpa merusak keasriannya serta konservasi energi dengan tingkat karbon yang lebih rendah. Di sana para delegasi juga akan diberikan berbagai pelayanan seperti ruangan yang memadai dan layanan bahasa.Sekadar informasi, Beijing saat ini menampung lebih dari 20 juta penduduk. Sementara itu, sebanyak 800 hotel siap menjamu para tamu dan delegasi yang datang di APEC 2014. (Sis/Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini