Sukses

`Image` Indonesia dan AS Jatuh Gara-gara Obama

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut angkat bicara mengenai pembatalan kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang dinilai justru akan merugikan nama baik (image) negara tersebut di mata dunia.

Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi mengatakan, pihaknya sangat memahami kondisi genting yang dialami AS. Sehingga para pengusaha gagal menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan orang nomor satu di Gedung Putih tersebut.

"Kita harus mengerti persoalan di dalam negeri dia (Obama) sebab kalau dia pergi dan merasa (permasalahan domestik) tidak penting, dia bisa diganyang di sana. Makanya dia pasti memikirkan dalam negeri dulu daripada luar negeri, seperti APEC dan East Asia Summit," ungkap dia saat ditemui usai Indonesia Business Luncheon di Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10/2013).

Pastinya, menurut Sofjan, kondisi atau persoalan politik internal AS justru akan merugikan nama baik di mata dunia. "Ruginya AS (tidak datang ke APEC), bisa merusak image-nya di luar negeri. Sebagai pengusaha, kita melihat kondisi internal dia," ucapnya.

Namun di balik itu semua, lanjut dia, ikut mengurangi nama baik Indonesia sebagai tuan rumah APEC. "Image kita sebagai tuan rumah jadi kurang, karena dia (Obama) terlalu rising star atau yang jadi salah satu rising star di mana-mana," papar Sofjan.   (Fik/Ndw)

Loading