Sukses

Demi APEC, Selandia Baru Kirim Tiga Menteri ke Bali

Perdana Menteri Selandia Baru John Key dipastikan bakal hadir dalam APEC Leaders Meeting yang digelar pada 7-8 Oktober 2013. Namun Key tidak sendiri, Menteri Luar Negeri Murray McCully dan Menteri Perdagangan Selandia Baru Tim Groser juga akan terbang ke pulau dewata untuk menghadiri APEC Ministrial Meetings (AMM).

Key akan fokus membahas liberalisasi perdagangan dan integrasi ekonomi untuk kawasan APEC. Pembahasan tersebut tentu saja akan diiringi dengan sejumlah topik keamanan dan politik.

Di Bali, Key memiliki banyak kegiatan diantaranya melakukan pertemuan bilateral dengan para elit politik APEC, ikut membahas Trans Pacific Partnership (TPP), serta turut menghadiri APEC CEO's Summit. Belum cukup sampai disitu, dia juga ditunjuk menjadi pembicara dalam konferensi pengembangan pariwisata yang diselenggarakan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Fokus APEC pada integrasi regional telah menciptakan agenda ekonomi yang konstruktif di kawasan tersebut, sementara East Asia Summit berupaya menggabungkan agenda keamanan dan ekonomi," tutur Key seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (6/10/2013).

Dia mengatakan, lewat pertemuan ini dirinya dapat bertemu dengan sejumlah mitra besar untuk perdagangan Selandia Baru. Hal ini mengingat sebagian besar perdagangan global masih didominasi negara-negara di kawasan Asia Pasifik.
\
"Mitra-mitra perdagangan terbesar kita akan hadir dalam pertemuan-pertemuan ini (KTT APEC). Sekitar 44% perdagangan global saat ini terjadi diantara negara-negara APEC. Sementara itu 70% produk-produk Selandia Baru diperdagangkan dengan negara-negara APEC," pungkasnya. (Sis/Ndw)
Loading