3 Fitur Unggulan Xbox One

Dengan banderol yang lebih mahal dari PS4, Xbox One diklaim memiliki segudang fitur dan dukungan spesifikasi yang mumpuni.

oleh Adhi Maulana diperbarui 26 Nov 2013, 17:08 WIB

Xbox One diandalkan Microsoft untuk bersaing dengan PlayStation 4 (PS4) di pasar konsol game generasi terbaru. Pasalnya selama ini jajaran seri konsol PlayStation dari Sony masih dianggap lebih populer dibandingkan Microsoft untuk urusan konsol game.

Selain itu, Xbox One sendiri merupakan konsol pertama Microsoft sejak mereka merilis Xbox 360 delapan tahun lalu. Hal ini tentunya membuat banyak pihak menantikan kejutan apa yang dibawa Xbox One dibandingkan pendahulunya.

Dengan banderol yang lebih mahal dari PS4, Xbox One diklaim memiliki segudang fitur dan dukungan spesifikasi yang mumpuni. Selain fitur navigasi gerak Kinect, terdapat 3 fitur unggulan baru lainnya yang disertakan Microsoft pada Xbox One.

Anda penasaran? Berikut adalah 3 fitur unggulan Xbox One yang membuatnya layak disandingkan untuk bersaing dengan konsol PS4 besutan Sony.


1. Antarmuka ala Windows 8

Microsoft dilaporkan mencoba berinovasi dengan menyatukan sistem operasi Xbox dengan Windows Kernel. Hasilnya, antarmuka yang diusung Xbox One menyerupai tampilan Windows 8 yang khas dengan desain live tiles-nya.

Bagi para gamer yang juga menggunakan PC berbasis Windows 8 atau smartphone platform Windows Phone 8 tentunya tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan Xbox One. Namun bagi para gamer yang belum terbiasa dengan antarmuka ala Windows 8 pastinya memerlukan waktu adaptasi sebelum benar-benar menguasai.

Selain itu, karena Xbox One menggunakan Kernel atau inti OS Windows 8, diperkirakan para pengembang akan lebih mudah membuat aplikasi dan video game untuk Xbox One.


2. Live TV

Selain bermain video game, konsol Xbox One juga bisa menampilkan tayangan televisi. Hebatnya, fitur Live TV ini dapat diakses dengan sangat mudah. Gamer pun dapat beralih dari mode bermain game menjadi mode menonton TV dengan cepat berkat teknologi Instant Switching.

Namun sayang, Xbox One kurang maksimal dalam mendukung gamer untuk menonton layanan TV kabel. Gamer diharuskan merubah input terlebih dulu baru bisa menikmati layanan TV kabel.

Meski begitu, kemampuan untuk menampilkan tayangan televisi saja sudah dianggap cukup baik.


3. Skype for Xbox

Yang satu ini sangat inovatif. Microsoft telah mengintegrasikan layanan video chat Skype dengan Xbox One. Pengguna bisa berhubungan dengan pengguna lain melalui Skype dengan video HD melalui kamera Kinect.

Ada pula fitur perintah suara yang memungkinkan pengguna memulai atau mengakhiri percakapan di Skype hanya dengan kontrol suara penggunanya. Gamer juga dimungkinkan untuk bisa terlibat dalam group video chat.

Lebih serunya lagi, gamer juga bisa menggunakan fitur Xbox Snap yang memungkinkan dilakukanya panggilan Skype sembari tetap memainkan game atau menonton televisi di Xbox One. (dhi)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya