Rayakan Hari Kartini, PAN Tempatkan Perempuan Nomor 1 di 20 Dapil

Dari 77 dapil yang tersebar di seluruh Indonesia, PAN menempatkan para caleg perempuan di urutan nomor 1 di 20 dapil.

oleh Riski Adam diperbarui 22 Apr 2013, 15:38 WIB
Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan ratusan berkas daftar caleg sementara (DCS) tingkat DPR pusat ke Kantor KPU Pusat pada hari terakhir batas waktu penyerahan. Dalam rangka menyambut Hari Kartini, PAN memberikan kado istimewa bagi para caleg perempuan, yakni ditempatkan di nomor urut 1 dalam daftar caleg.

"Dari 560 orang bakal caleg yang didaftarkan, ada 208 perempuan. Itu merupakan komitmen PAN untuk caleg perempuan, termasuk hadiah bagi kaum perempuan pada Hari Kartini dengan mendapatkan posisi 1 di daftar caleg," kata Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo usai menyerahkan DCS di Kantor KPU, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Ia menjelaskan, dari 77 dapil yang tersebar di seluruh Indonesia, 20 dapil di antaranya menempatkan para caleg perempuan di urutan nomor 1. "Jadi ini adalah komitmen kita memperjuangkan perempuan di parlemen," tutur Drajad.

Selain itu, PAN juga menjadikan sejumlah mantan atlet nasional perempuan bergabung dalam pemilihan legislatif 2014 mendatang. Seperti petenis senior yakni Yayuk Basuki sebagai caleg dari dapil Semarang. Bahkan di Gorontalo, caleg PAN rata-rata diisi oleh kaum perempuan.

Karena itu, Drajad berharap dengan banyaknya kaum perempuan sebagai caleg dari PAN maka ketika nanti terpilih dan menjadi anggota legislatif, mereka bisa memperjuangkan nasib kaum perempuan lebih baik.

"Yayuk Basuki di Semarang, dan di Gorontalo itu rata-rata perempuan. Dan itu komitmen kita untuk memperjuangkan caleg perempuan," tukas Drajad.(Adi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya