2 Pantai di Indonesia Masuk Daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023

Daftar pantai terbaik di dunia 2023 ini disusun setelah mengumpulkan suara dari lebih dari 750 pemberi pengaruh perjalanan, jurnalis, dan pakar paling terkenal dan berpengalaman di dunia, serta para Beach Ambassadors.

oleh Asnida Riani diperbarui 26 Mei 2023, 07:01 WIB
Pink Beach merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia yang berlokasi di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo).

Liputan6.com, Jakarta - Punya ragam lanskap pesisir menawan, tidak heran pantai di Indonesia bisa masuk daftar pantai tercantik di dunia 2023 versi World's 50 Beaches. Di daftar bergengsi ini, Indonesia memastikan dua tempat di peringkat ke-13 untuk Pink Beach Taman Nasional Komodo dan Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali berada di posisi ke-24.

Melansir situs webnya, Kamis, 25 Mei 2023, mereka menulis, "Daftar kami adalah satu-satunya daftar di dunia yang disusun setelah mengumpulkan suara dari lebih dari 750 pemberi pengaruh perjalanan, jurnalis, dan pakar paling terkenal dan berpengalaman di dunia, serta Beach Ambassadors kami."

"Tidak diragukan lagi ini adalah daftar pantai yang paling akurat dan diteliti dengan baik yang pernah disusun dan siap untuk langsung masuk ke daftar keinginan Anda!" sambungnya.

Di deskripsi daftar pantai terbaik di dunia 2023, Pink Beach disebut sebagai "salah satu pantai paling fotogenik, dengan pasir merah muda pucat dan air biru kehijauan yang jernih. Pantai Pink di Pulau Komodo benar-benar salah satu tujuan paling unik di Indonesia, sepadan dengan hype-nya!"

"Anda tidak hanya dapat menghabiskan waktu berjam-jam memotret pasir, air, serta perbukitan dan pegunungan sekitarnya yang megah, tapi juga menawarkan penyelaman dan snorkeling yang menakjubkan dengan terumbu karang yang dipenuhi ikan tropis. Pendakian juga dimungkinkan di daerah tersebut," pihaknya menambahkan. 

April hingga Juni direkomendasikan sebagai waktu yang optimal untuk mengunjungi Pulau Komodo. Alasannya, cuaca terbilang sejuk dan kemungkinan hujan dan badai lebih rendah.

2 dari 4 halaman

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Jika Yunani punya Balos Lagoon sebagai pantai berpasir merah jambu, maka Indonesia memiliki Pink Beach yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo).

Juli dan Agustus juga relatif kering, tapi panas dan jumlah wisatawan meningkat selama bulan-bulan tersebut, kata mereka. "Selama bulan April hingga Juni, pulau ini diselimuti tanaman hijau yang menakjubkan, dan suhunya nyaman dengan laut lebih tenang," sebutnya.

Kegiatan yang disarankan adalah mengunjungi Pink Beach dan Pulau Komodo dalam tur perahu yang berlangsung selama beberapa hari untuk benar-benar merasakan daerah tersebut. "Bahkan, (pelancong) mungkin melihat salah satu dari 2.000--25.000 Komodo yang tinggal di pulau itu. Desember adalah waktu terbaik untuk melihat komodo, tapi juga merupakan awal musim hujan," tandasnya.

Pantai Kelingking, Nusa Penida

"Bagi mereka yang mencari petualangan sebelum mencapai surga, pantai ini bukan untuk orang yang penakut!" katanya "Terletak di Nusa Penida, Indonesia, pantai yang terpencil dan tersembunyi ini mengharuskan Anda mendaki tebing terjal setinggi 400 meter sebelum mencapai keindahannya yang menakjubkan."

Mereka melanjutkan, "Terletak di antara pegunungan yang tertutup hutan lebat dan dikelilingi simfoni air biru yang luar biasa, potongan surga ini seperti sesuatu yang ditarik langsung dari Jurassic Park." 

3 dari 4 halaman

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Tebing di Pantai Kelingking disebut menyerupai bentuk T-Rex, dengan kepala di sebelah kiri dan badan serta ekor melingkar di sebelah kanan. "Entah Anda datang untuk mengambil gambar dari atas atau turun ke bawah, pengalaman ini sangat berharga!" katanya.

Hampir tidak pernah ada waktu yang tidak tepat untuk mengunjungi Nusa Penida, sebut mereka. Namun, waktu terbaik adalah saat musim kemarau, yaitu dari bulan Mei hingga September. "Kami sangat merekomendasikan menghabiskan 2--3 hari untuk menjelajahi semua keajaiban Nusa Penida, tapi Anda juga dapat melakukan perjalanan sehari dari Bali," catatnya.

Untuk menjelajahi keindahan Pantai Kelingking, sebaiknya hindari waktu puncak antara pukul 11.00 hingga 15.00. Sebaliknya, kunjungi pada pagi hari atau pukul 3 sore untuk waktu yang indah di pantai. "Jika Anda hanya ingin melihat pantai dari atas, bidiklah pada pukul 16.00 hingga 17.00," tulisnya. "Matahari terbenam juga spektakuler dari sini."

"Jika Anda berencana untuk pergi ke pantai, bersiaplah, berhati-hatilah saat mengambil bidikan epik itu," mereka memperingatkan.

4 dari 4 halaman

Pantai Terbaik di Dunia

Lucky Bay di Australia jadi pantai terbaik tahun 2023 versi World's 50 Beaches. (dok. unsplash/wanderlustralia)

Sementara bertengger di posisi pertama adalah Lucky Bay di Australia. Selain kanguru di tepi pantainya, Lucky Bay juga memiliki pasir seputih  salju yang paling murni dan air biru kehijauan yang luar biasa.

"Membentang lebih dari 5 km, itu menjamin Anda menemukan tempat yang tidak terlalu ramai untuk sekadar menikmati semua keindahan alam. Apakah Anda hanya berkunjung untuk melihat kanguru, atau datang untuk bersantai, menyelam, naik kano, kayak, atau leha-leha, pantai ini benar-benar yang terbaik di dunia!" katanya.

Secara lengkap, berikut daftar 50 pantai terbaik di dunia tahun 2023:

  1. Lucky Bay, Australia
  2. Anse Source D'Argent, Seychelles
  3. Hidden, Filipina
  4. Whitehaven, Australia
  5. One Foot, Kepulauan Cook
  6. Trunk, Kepulauan Virgin AS
  7. Honopu, Hawaii
  8. Reynisfjara, Islandia
  9. Navagio, Yunani
  10. Balandra, Meksiko
  11. Goloritze, Italia
  12. Pipe Creek, Bahamas
  13. Pink Beach, Indonesia
  14. Grace, Turks and Caicos Islands
  15. Gardner, Ekuador
  16. McWay, California, AS
  17. Turquoise, Australia
  18. Le Morne, Mauritus
  19. Sancho, Brasil
  20. Seven Mile, Cayman Islands
  21. Lanikai, Hawaii
  22. Maya, Thailand
  23. Moro, Spanyol
  24. Kelingking, Indonesia
  25. Meads, Anguilla
  26. Flamanco, Puerto Rico
  27. Arena, Republik Dominica
  28. Little Hellfire, Australia
  29. Lazio, Seychelles
  30. Vaeroy, Norwegia
  31. Horseshoe, Bermuda
  32. Myrtos, Yunani
  33. Hidden, Meksiko
  34. Grand Anse, Grenada
  35. Xpu Ha, Meksiko
  36. San Josef, Kanada
  37. Matira, French Polynesia
  38. Capriccioli, Italia
  39. Pasjaca, Kroasia
  40. Boulders, Afrika Selatan
  41. Salines, Martinique
  42. Champagne, Vanuatu
  43. Marinha, Portugal
  44. Balos, Yunani
  45. Achmelvich, Skotlandia
  46. Kaputas, Turki
  47. Randhangar, India
  48. Varadero, Kuba
  49. Piha, Selandia Baru
  50. Pink Sand, Bahamas
Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata. (Dok: Liputan6.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya