Top 3 Berita Hari Ini: 3 Resep Praktis Menu Serba Brokoli untuk Sahur, Salah Satunya Kreasi Chef Devina Hermawan

Top 3 berita hari ini di antaranya 3 resep praktis menu serba brokoli untuk sahur yang salah satunya kreasi dari Chef Devina Hermawan, serta instruktur renang bayi hingga serba-serbi tumbuhan obat dringo.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 11 Apr 2023, 22:00 WIB
Menu brokoli telur puyuh untuk sahur di bulan puasa. (Dok: Cookpad @ria_wahyuriawanti)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yang pertama adalah 3 resep praktis menu serba brokoli untuk sahur yang salah satunya kreasi dari Chef Devina Hermawan. Sering bingung ingin membuat masakan apa untuk sahur? menu sayuran brokoli yang dikombinasikan dengan telur puyuh hingga jamur bisa menjadi inspirasi Anda di rumah. 

Brokoli adalah jenis sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk memenuhi gizi selama berpuasa. Ragam menu serba brokoli berikut pun cocok apabila disajikan untuk sahur.

Selanjutnya berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai anjuran instruktur renang bayi tentang pemilihan warna baju renang. Di samping mempertimbangkan faktor seperti ukuran dan bahan yang aman untuk kulit anak, pemilihan warna baju renang juga memiliki peran penting.

Dikutip dari New York Post pada Senin, (10/4/2023), seorang instruktur renang bayi bersertifikat asal Amerika Serikat, Nikki Scarnati, membagikan video di TikTok yang cukup mengkhawatirkan. Bahwa sebaiknya tak memilih baju dengan warna sama dengan air.

Selanjutnya berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah tentang tanaman obat dringo. Dringo yang memiliki nama latin Acorus calamus L. merupakan salah satu tumbuhan obat yang digunakan sebagai obat tradisional oleh berbagai etnis di Indonesia berdasarkan hasil Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (Ristoja) 2012.

Di bahasa Jawa tumbuhan obat ini lebih dikenal sebagai dlingo. Secara umum dringo adalah tumbuhan terna yang rimpangnya dijadikan bahan obat-obatan. Tumbuhan obat ini berbentuk mirip rumput, tapi tinggi, menyukai tanah basah dengan daun dan rimpang yang punya aroma kuat. Selengkapnya di top 3 berita hari ini...

2 dari 4 halaman

3 Resep Praktis Menu Serba Brokoli untuk Sahur, Salah Satunya Kreasi Chef Devina Hermawan

Brokoli Saus Tiram Tim Telur oleh Chef Devina Hermawan. (Dok: Cookpad @devinahermawan)

Resep praktis kali ini mengambil sayuran brokoli yang dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan seperti telur puyuh hingga jamur. Salah satunya resep dikreasikan oleh koki selebriti, Chef Devina Hermawan yang dibagikan melalui resep teruji di laman berbagi masakan Cookpad.

Brokoli merupakan jenis sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk memenuhi gizi selama berpuasa. Aneka menu serba brokoli berikut pun cocok jika disajikan untuk sahur. Pertama yaitu resep brokoli telur puyuh dari  @ria_wahyuriawanti yang dibagikan di Cookpad.

Sebagai menu makanan, brokoli biasanya bisa direbus maupun dikukus, atau dapat juga dimakan mentah. Cara terbaik mengolah brokoli yakni dengan cara dikukus. Hal tersebut bertujuan supaya segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang dalam proses pemasakan. Kalau ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli jangan direbus terlalu lama, kira-kira tak lebih dari 5 menit. 

Selengkapnya..

 

3 dari 4 halaman

Instruktur Renang Bayi Ungkap Bahaya Anak-Anak Gunakan Baju Renang Warna Biru

Ilustrasi anak menggunakan kacamata renang ketika berenang sebagai bentuk alat keamanan. (Sumber foto: Pexels.com).

Orangtua yang membawa anak-anak berenang tentu ingin memastikan bahwa anak-anak mereka aman dan nyaman di dalam air. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah memilih baju renang yang tepat untuk anak-anak.

Selain mempertimbangkan faktor seperti ukuran dan bahan yang aman untuk kulit anak, pemilihan warna baju renang juga memiliki peran penting. Dikutip dari New York Post pada Senin, 10 April 2023, seorang instruktur renang bayi bersertifikat asal Amerika Serikat, Nikki Scarnati, membagikan video di TikTok yang cukup mengkhawatirkan.

Dia memperingatkan para orangtua mengenai bahaya memilih pakaian renang yang berwarna sama dengan air. Menurutnya, anak-anak mungkin terlalu sulit dilihat di dalam air jika pakaian renang yang dipilih terlalu mirip dengan warna lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menyelamatkan anak-anak di kolam renang. 

Untuk mendemonstrasikannya, Scarnati merekam putrinya yang masih kecil berenang di kolam, mengenakan pakaian renang one-piece berwarna biru. Dalam video yang telah ditonton lebih dari 4,6 juta kali itu, rambut pirang gadis itu terlihat terayun-ayun di permukaan air, sesekali menyelam ke bawah.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Tumbuhan Obat Tradisional Dringo untuk Anti-Malaria dan Kanker

Tanaman obat Dringo memiliki banyak manfaat. (Dok: andrii.riyadi)

Dringo dengan nama latin Acorus calamus L. adalah salah satu tumbuhan obat yang digunakan sebagai obat tradisional oleh berbagai etnis di Indonesia berdasarkan hasil Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (Ristoja) 2012. Dalam bahasa Jawa tumbuhan obat ini lebih dikenal sebagai dlingo.

Secara umum dringo merupakan tumbuhan terna yang rimpangnya dijadikan bahan obat-obatan. Tumbuhan obat ini bentuknya mirip rumput, namun tinggi, menyukai tanah basah dengan daun dan rimpang yang beraroma kuat.

Diperkirakan, tanaman obat dringo asli berasal dari anak benua India dan menyebar ke berbagai penjuru dunia melalui perdagangan rempah-rempah. di benua Amerika, dringo yang juga dikenal sebagai jeringau kerap dipertukarkan dengan kerabatnya yang asli dari sana, Acorus americanus. 

Melansir dari jurnal Keragaman Genetik Dringo Berdasarkan Inter-Dimple Sequence Repeats, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (11/4/2023), Ristoja dimaksudkan untuk tersedianya database pengetahuan etnomedisin, ramuan obat tradisional (OT) dan tumbuhan obat (TO) di Indonesia, termasuk data keragaman genetik tumbuhan obat.

Selengkapnya..

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya