Siapa Hercules? Sosok Preman Tanah Abang yang Pernah Ancam Tonjok Wartawan

Siapa Hercules? sosok ini ramai diperbincangkan usai memberikan keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 08 Mar 2023, 15:26 WIB
Tenaga Ahli PD Pasar Jaya Rosario De Marshall alias Hercules usai diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap penanganan perkara di MA yang melibatkan hakim agung. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa Hercules? sosok ini ramai diperbincangkan usai memberikan keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung.

Pada saat keluar dari gedung KPK tanggal 19 Januari 2023, Hercules langsung ditodong pertanyaan oleh para wartawan. Bukannya menjawab, ia malah mengancam awak media.

"Mau dihajar? Kalau mau dihajar, gue hajar," kata Hercules.

Saat usai diperiksa, Hercules kembali marah kepada awak media.

"Tanya penyidik. Saya malas dengan wartawan karena wartawan itu enggak benar semuanya. Provokator. Kalian sama pejabat publik boleh macam-macam. Kalau sama saya jangan macam-macan kalian. Macam-macam saya sikat kalian," ujar Hercules di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 19 Januari 2023.

Berikut adalah hal seputar Hercules:

1. Preman Tanah Abang

Hercules merupakan mantan preman Tanah Abang sekaligus sosok yang diklaim sebagai penguasa kawasan Tanah Abang.

2. Menjabat Sebagai Tenaga Ahli di Perumda Pasar Jaya

Hercules memastikan mendapatkan jabatan sebagai tenaga ahli di Perumda Pasar Jaya bukan sebagai mata pencaharian. Jabatan tersebut ia terima sebagai bukti pengabdian kepada Jakarta sekaligus dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Namanya ini suatu penghargaan ya terima kasih lah. Tapi kita bukan cari makan di situ," kata Hercules, Selasa, 22 Februari 2022.

 

2 dari 3 halaman

3. Hercules Sebut Dirinya Berkawan Baik dengan Dirut Pasar Jaya

Tenaga Ahli PD Pasar Jaya Rosario De Marshall alias Hercules kembali diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu (8/3/2023). (Foto: Tangkapan Layar).

PD Pasar Jaya mengangkat Rosario de Marshall alias Hercules menjadi Tenaga Ahli Dewan Direksi perusahaan milik Pemprov DKI itu. Hercules mengatakan dirinya berkawan baik dengan Direktur Utama Pasar Jaya Arief Nasrudin.

"Karena saya ini berteman baik dengan Dirut, bersahabat baik, jadi saya jadi staf ajalah bang. 'Oh iya boleh-boleh enggak ada masalah ya enggak apa-apa'" kata dia di Jakarta, Selasa, 22 Februari.

4. Sebut Posisinya Bukan untuk Mencari Makan

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa pengangkatan dirinya di Pasar Jaya adalah bentuk penghargaan terhadapnya. Kendati begitu, Hercules memastikan posisinya di sana bukan untuk mencari makan alias demi penghidupan.

"Tapi kita bukan cari makan di situ, nah kalau orang-orang yang kebakaran jenggot ini kan itu kan orang lapar. Akhirnya cuma bisanya menggonggong tapi enggak mau bilang 'ini saya loh'" kata Hercules.

"Kalau berani menggonggong bilang ini saya, baru jelas. 'Saya tidak terima kamu jadi staf ahli kenapa harus kamu yang jadi staf ahli tidak saya aja,' nah baru laki laki," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

5. Hercules Diangkat Bersama Eki Pitung

Tenaga Ahli PD Pasar Jaya, Rosario de Marshall alias Hercules (tengah) berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan, Jakarta, Kamis (19/1/2023). Rosario de Marshall alias Hercules memenuhi panggilan KPK sebagai saksi di kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perusahaan Umum Daerah atau PD Pasar Jaya milik Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta mengangkat Rosario de Marshall alias Hercules bersama M. Rifky alias Eki Pitung untuk menjadi tenaga ahli.

Hal itu terungkap berdasarkan pengakuan Eki Pitung, yang saat ini juga menjabat wakil ketua Badan Musyawarah Betawi.

"Iya benar, Hercules ya. Sudah dilakukan fit and proper test juga," kata Eki ketika dikonfirmasi, Senin, 21 Februari 2022.

Infografis Geger Kerumunan Pasar Tanah Abang. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya