Deretan Pantai Menawan di Pacitan, Healing Ditemani Pemandangan Eksotis

Secara geografis, sebagian besar wilayah Pacitan adalah pegunungan kapur, yang merupakan bagian dari rangkaian pegunungan kidul

oleh Panji Prayitno diperbarui 17 Jan 2023, 08:00 WIB
Terbius oleh pesona garis pantai tersembunyi di ujung pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Pacitan merupakan salah satu dari 38 Kabupaten yang memiliki potensi wisata alam di Jawa Timur. Kabupaten Pacitan terletak di bagian ujung sebelah barat Jawa Timur.

Secara geografis, sebagian besar wilayah Pacitan adalah pegunungan kapur, yang merupakan bagian dari rangkaian pegunungan kidul. Pacitan sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Di sini kamu bisa menemukan wisata alam yang memukau, seperti pantai, sungai, hutan, air terjun, hingga gua. Untuk kamu yang berencana menikmati hari libur dengan menikmati keindahan alam secara bebas, maka Wisata di Pacitan adalah pilihan yang tepat.

Di sini banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan harga yang masih ramah dikantong. Bagi masyarakat Jawa Timur, kecantikan pantai-pantai di Pacitan tidak asing lagi.

Objek wisata pantai di Pacitan memang menjadi primadona dan menjadi andalan Pemda Kabupaten Pacitan. Berikut adalah 5 rekomendasi pantai di Pacitan yang bisa jadi pilihan wissata kamu ketika berkunjung ke Pacitan.

Pantai Srau

Terletak di Desa Candi, kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Pacitan.

Dengan merogoh kocek Rp. 15.000 saja kalian sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Hamparan lembut pasir putih dengan areanya yang begitu luas akan memanjakan wisatawan yang berlibur ke sini.

Pasir di Pantai Srau tidak lengket, hingga akan nyaman untuk wisatawan berjalan berkeliling pantai. Selain menawarkan panorama yang indah, di pantai ini kalian juga bisa melakukan kegitaan outdoor seperti berkemah.

Di sarankan untuk memilih lokasi camping yang sesuai. Dari pantai ini kalian juga akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dan terbenam. Jadi disarankan untuk datang ketempat ini pada waktu-waktu tersebut.

Jika kamu datang di siang hari, jangan lupa memakai sunscreen agar kulitmu tidak terbakar sinar matahari.

Pantai Kasap

Pantai ini sering disebut dengan Raja Ampatnya Jawa Timur. Pantai ini memang memiliki keindahan yang memesona dengan air lautnya yang berwarna biru.

Kamu dapat melihat pemandangan pantai in dari atas bukit yang ada di samping pantai dan melihat gugusan-gugusan pulau kecil yang berwarna hijau seperti di Raja Ampat.

Semakin mirip dengan Raja Ampat karena terdapat spot gardu pandang kayu seperti yang ada di Raja Ampat. Lokasi pantai ini Terletak di Dusun Ketro, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

 

2 dari 2 halaman

Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di Pacitan. Terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 km kea rah barat dari Kota Pacitan.

Hamparan pasir putih yang membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, diapit dengan kedua bukit karang di sisi kanan dan kirinya. Anda dapat naik ke bukit karang di sebelah kanan dan menikmati pemandangan landscape Pantai Klayar yang indah dari sebuah gardu pandang.

Pantai Karang Bolong

Pantai yang satu ini diberi nama Karang Bolong karena terdapat tebing raksasa yang tengahnya berlubang. Dan pemandangan tersebut menjadi daya Tarik tersendiri dari pantai ini.

Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan pergerak siklus matahari, cobalah berdiri di sisi lain dari tebing tersebut. Pantai ini berlokasi di Dusun Karang Bolong, Desa Kendal, Kecamatan Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Harga tiketnya mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp 10.000

Pantai Pangasan

Keindahan panorama pantai menjadi ikon objek wisata yang satu ini. halitu menjadi semakin sempurna dengan pemandangan lahan persawahan dan perkebunan di tepiannya.

Sebuah pulau karang berbentuk pilar menjadi ciri khas dari Pantai Pangasan. Di sekitarnya terdapat bongkahan batu-batu besar.

Terdapat gubuk kecil, dengan lanskap pemandangan pantai Pangasan yang biasanya menjadi tempat pengunjung berswafoto. Itulah beberapa pantai di Pacitan yang bisa masuk dalam bucket list liburan kamu. Kemana ulu kita?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya