Selain Permen, Deretan Makanan dan Minuman Ini Bisa Membuat Gigi Berlubang

Berikut ini deretan makanan dan minuman yang dikatakan bisa memicu gigi berlubang, apa saja?

oleh Benedikta Ave Martevalenia diperbarui 15 Des 2022, 09:10 WIB
Ilustrasi gigi. Sumber: freepik

Liputan6.com, Jakarta Mulut dan gigi merupakan bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Semua orang tentu mendambakan gigi yang sehat serta tidak berlubang. Namun pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Melansir Centers for Disease Control and Prevention, ada sebanyak 52% atau lebih dari setengah populasi anak-anak usia 6 sampai 8 tahun memiliki gigi susu (bayi) berlubang.

Kemudian, ada 57% persen remaja berusia 12 hingga 19 tahun pernah mengalami gigi berlubang pada gigi tetapnya. Serta sekitar 90% orang dewasa berusia 20 tahun ke atas, juga memiliki setidaknya satu gigi berlubang. Sehingga 21 dari 4 orang dewasa berusia 20 hingga 64 tahun saat ini memiliki setidaknya satu gigi berlubang.

Gigi berlubang ada baiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya gigi yang tidak sehat atau berlubang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut akibat dari membiarkan gigi berlubang, melansir Vineyard Hills Dental Care Dr. Timothy Hubbs:

Dapat berubah menjadi penyakit gusi

Bakteri yang ada di gigi berlubang akan berpindah ke gigi yang lain serta ke gusi Anda.

Dapat memicu respon imun berupa inflamasi sistemik

Peradangan atau infeksi gigi jangka panjang dapat mengakibatkan kesulitan dalam pengelolaan diabetes. Peradangan menghambat kerja efektif insulin, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah. Studi menunjukkan adanya hubungan antara infeksi penyakit gusi dan diabetes.

Dapat menyebar dari mulut ke seluruh tubuh

Infeksi dari gigi yang berlubang jika masuk ke saluran pernapasan dan masuk ke paru-paru, menyebabkan pneumonia bakteri. Serta koloni bakteri dari mulut dapat masuk ke jantung menyebabkan endokarditis, infeksi pada lapisan dalam jantung.

Itu mengapa penting bagi kita mencegah gigi berlubang. Berikut ini deretan makanan dan minuman yang dikatakan bisa memicu gigi berlubang, apa saja?

2 dari 4 halaman

1. Es

Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/pixabay

Hayo siapa yang sering mengunyah es batu? Takuhah Anda, es batu jika dikunyah dapat menyebabkan gigi berlubang loh. Pasalnya partikel atau zat keras pada es batu menyebabkan kerusakan enamel gigi Anda. 

Melansir Humana, enamel gigi merupakan penutup atau pelindung luar gigi yang tipis. Enamel menutupi mahkota gigi, yang merupakan bagian yang dapat Anda lihat di luar gusi. Meskipun enamel terletak pada lapisan luar, namun enamel tembus pandang sehingga terlihat. Oleh karena itu, jika ingin tetap mengonsumsi minuman es, sebaiknya hindari mengunyah es batu.

2. Jeruk atau citrus

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak vitamin C. Namun siapa sangka, ternyata jeruk dapat membuat gigi Anda berlubang loh. Hal itu karena jika sering mengonsumsi jeruk maka akan membuat enamel gigi Anda terkena asam, hal tersebut berbahaya karena dapat mengikisnya. Sama halnya dengan menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon ke dalam segelas air Anda dapat menyebabkan masalah pada gigi Anda. 

Setelah enamel Anda terkikis, maka menghasilkan lebih sedikit perlindungan terhadap gigi berlubang. Jeruk juga dapat mengiritasi luka mulut yang mungkin Anda miliki. Jika Anda ingin menikmati jeruk, sebaiknya Anda berkumur untuk menghilangkan asam pada gigi Anda. 

 

3 dari 4 halaman

3. Kopi

ilustrasi kafein/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Seiring berkembangnya zaman, minum kopi saat ini sudah tren sehingga mulai menjadi minuman wajib sehari-hari setiap orang. Meski kopi dapat menahan rasa kantuk di pagi hari, ternyata jika Anda keseringan minum kopi, dapat berakibat buruk pada gigi Anda.

Seperti diketahui bahwa kopi dapat menodai gigi, tetapi juga dapat menyebabkan gigi berlubang jika dikonsumsi dengan gula. Pasalnya tidak semua orang menyukai kopi pahit (kopi tanpa gula). Gula yang terkandung dalam kopi akan membuat gigi berlubang. Sebaiknya konsumsi kopi tanpa, atau esekali boleh minum kopi dengan gula. 

4. Makanan yang lengket

Makanan yang lengket biasanya berasal dari buah-buahan kering hingga permen. Jika Anda menyukai makanan lengket, maka makanan yang lengket tersebut akan tersisa dan menempel pada gigi Anda.

Sehingga Anda akan kesulitan untuk menghilangkannya dan menyebabkan bakteri menumpuk di gigi Anda. Bakteri-bakteri tersebut nantinya akan bersarang di gigi Anda, sehingga dapat melubanginya. Sebaiknya Anda berkumur atau menggosok gigi setelah mengonsumi makanan yang lengket.

4 dari 4 halaman

5. Soda

Gelas Air Soda (Sumber: Pixabay)

Sama halnya dengan jeruk, soda juga memiliki atau mengandung keasaman yang dapat merusak enamel gigi. Namun tidak hanya asamnya, minuman soda juga mengandung banyak gula. Gula juga dapat melubangi gigi Anda.

Jika dikonsumsi setiap hari atau sering maka gula dan asam akan menempel pada gigi Anda dan membentuk plak gigi. Hal tersebut yang membentuk bakteri. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengurangi minum minuman soda dan menggantinya dengan air mineral. 

 

Infografis Hidrasi Sehat

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya