Menteri Basuki Ajak Civitas Akademika Undana Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

Guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara PUPR Goes to Campus.

oleh Fachri pada 02 Okt 2022, 19:30 WIB
Menteri PUPR dalam acara PUPR Goes to Campus yang digelar di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/10/2022).

Liputan6.com, Kupang Guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara PUPR Goes to Campus. Acara yang mengangkat tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dengan Generasi Muda yang Tangguh dan Adaptif" ini digelar di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/10/2022).

Dalam acara kali ini, turut dihadirkan Bincang Seru Kisah Inspiratif bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Staf Khusus Milenial Presiden RI Billy Mambrasar, dan Rektor Undana Maxs U. E. Sanam.

Selain itu, hadir pula Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, Kepala Biro Komunikasi Publik Pantja Dharma Oetojo serta Direktur Utama PT. Nindya Karya Haedar A. Karim.

Di depan lebih dari 1500 civitas akademika Undana, Menteri Basuki menyampaikan motivasi kepada para mahasiswa yang hadir agar dapat menjadi generasi muda yang tangguh dan adaptif.

"PUPR Goes to Campus ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada generasi muda agar bisa menjadi petarung yang kuat karena kompeten dan profesional, berani karena berintegritas, dan berjiwa seni untuk berinovasi," ajaknya.

Bagi Menteri Basuki, menjadi petarung yang tangguh jangan pernah berhenti belajar untuk dapat terus beradaptasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat. Ia pun menambahkan bahwa kepintaran harus ditambah dengan akhlakul karimah, agar mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan bermanfaat bagi sekitar.

"Semua bisa mencapai prestasi tertinggi. Jadilah petarung untuk bisa mendapatkan beasiswa sekolah sampai setinggi-tingginya. Sekolah mengubah jalan hidup, jadi jangan lelah sekolah. Yakinlah anda bisa bersaing unuk terus mendapatkan beasiswa sekolah bahkan hingga ke mancanegara," pesannya.

2 dari 2 halaman

Ciptakan SDM Unggul

Menteri PUPR dalam acara PUPR Goes to Campus yang digelar di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/10/2022).

Menteri Basuki juga mengatakan bahwa pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini fokus mencetak sumber daya manusia yang unggul, selain infrastruktur.

Sejumlah infrastruktur telah dibangun untuk pengembangan NTT di antaranya yang telah selesai, yakni Bendungan Raknamo, Bendungan Rotiklot, Bendungan Napun Gete, Jalan Sabuk Merah Kawasan Perbatasan NTT, Jembatan Petuk Kupang, PLBN Wini, PLBN Motaain, dan Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Labuan Bajo.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Basuki meresmikan Rumah Susun Undana yang telah selesai pada 2021 dengan anggaran Rp16,04 miliar dan saat ini sudah dihuni. Rusun setinggi 3 lantai dengan kapasitas 43 unit untuk 172 orang tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas meubelair seperti lemari, tempat tidur, kursi, dan meja belajar.

 

Menteri PUPR dalam acara PUPR Goes to Campus yang digelar di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/10/2022).

Acara yang dihelat oleh Kementerian PUPR mendapatkan apresiasi dari Rektor Universitas Nusa Cendana Maxs U. E. Sanam. Menurutnya, tema acara ini sangat beririsan dengan program Kampus Merdeka Belajar dan program Kampus Undana guna menciptakan mahasiswa unggul di tengah era digitalisasi.

"Kami mendukung sekali tema ini, para mahasiswa sangat antusias, mahasiswa yang hadir memenuhi ruangan auditorium Undana. Terima kasih telah memilih Undana untuk program PUPR Goes to Campus kali ini," kata Maxs.

Acara Bincang Seru yang digelar di Auditorium Undana Kupang, diikuti dengan antusias oleh peserta. Hangatnya topik pembahasan membuat semua mahasiswa yang hadir enggan untuk beranjak dari kursi dan mengikuti acara hingga selesai. Selain acara Bincang Seru, PUPR Goes To Campus 2022 juga menyuguhkan aneka perlombaan dan hiburan band oleh Obi and friends.

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya