Saga Transfer Frenkie de Jong Belum Usai, Sang Pemain Mendadak Ingin Pindah ke Chelsea

Kepindahan Frenkie de Jong menjadi salah satu saga terpanjang dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Sang pemain ngotot bertahan di Barcelona, meski jasanya diincar oleh Manchester United. Baru-baru ini, laporan menyebut De Jong mendadak ingin pindah ke Chelsea jika dirinya dipaksa pergi oleh Blaugrana.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Jul 2022, 18:00 WIB
Frenkie de Jong (75 juta euro) - Pemain asal Belanda ini didatangkan Barcelona dari Ajax pada Juli 2019. Barcelona menggelontorkan uang sebanyak 75 juta euro untuk memboyong Frenkie de Jong dari Ajax. (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta Saga transfer Frenkie de Jong nampaknya masih jauh dari kata selesai. Meski telah menjadi target incaran Manchester United, sang pemain enggan hijrah ke Old Trafford. Ia menegaskan dirinya lebih ingin bertahan di Camp Nou.

Kendati demikian, laporan terbaru mengeklaim De Jong mulai berubah pikiran. Pesepak bola berusia 25 tahun itu mau berpisah dengan Barcelona, asalkan ia berlabuh di Chelsea.

The Blues memang menaruh hati pada De Jong. Namun, kepindahan ke Stamford Bridge bukanlah hal yang mudah untuk direalisasikan. Pemberitaan Metro menyebut Chelsea kini tak mau memenuhi permintaan transfer 80 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun) dari Barcelona.

Padahal, juru taktik The Bues Thomas Tuchel benar-benar butuh tenaga tambahan. Ia memohon pihak klub agar memberi dukungan di bursa transfer musim panas tahun ini.

Pelatih asal Jerman itu juga mengancam Todd Boehly dengan menyatakan bahwa skuadnya mungkin tidak akan siap untuk melakoni laga pembuka Liga Inggris pekan depan.

“Analisis saya tentang musim lalu tidak berubah setelah pertandingan ini. (Hasil laga) pekan lalu membuktikan maksud saya. Tentu saja saya tidak ingin hal itu benar. Saya melakukan segala cara untuk membuktikan bahwa (penilaian) saya salah, tetapi saat ini saya merasa bahwa saya benar,” ujar Tuchel usai timnya kalah 0–4 dari Arsenal.

“Kami memiliki kebutuhan mendesak untuk (mendatangkan) pemain berkualitas dalam jumlah besar. Kami punya dua pemain berkualitas, tetapi kami tidak kompetitif seperti sekarang. Anda bisa melihatnya hari ini,” sambung manajer asal Jerman itu.

2 dari 5 halaman

De Jong di Barcelona

Frenkie de Jong merupakan pemain andalan Barcelona. Namun, beredar kabar jika gelandang muda tersebut bakal dijual untuk meringankan krisis keuangan yang terjadi di tubuh Blaugrana. Nama yang paling santer akan menggaet De Jong adalah Manchester United. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan Erik Ten Hag, yang merupakan pelatih De Jong di Ajax Amsterdam. (AFP/Lluis Gene)

De Jong memang merupakan gelandang yang terbilang moncer. Ia sanggup memantapkan posisi sebagai salah satu penggawa krusial Barcelona sepanjang musim lalu,

De Jong tercatat telah memberi kontribusi empat gol dan lima assist dari total 46 penampilan di semua kompetisi. Tak heran jika kehadirannya dinilai bisa memberi dampak positif bagi klub sekelas Chelsea.

Pelatih Barca Xavi Hernandez sebenarnya enggan berpisah dengan pemain internasional Belanda itu. Ia pernah menyebut anak asuhnya merupakan sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad Blaugrana.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” kata juru taktik asal Spanyol.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Krisis Finansial

Gelandang Barcelona Frenkie de Jong menjadi target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (LLUIS GENE / AFP)

Sayangnya, krisis finansial yang dialami Barcelona memaksa klub melepas De Jong di bursa transfer musim panas. Penjualan sang pemain bisa memberi dana tambahan bagi raksasa Catalan jika mereka ingin mendatangkan sosok baru jelang kompetisi 2022/2023.

Manchester United (MU) sebenarnya sangat bersedia menampung De Jong. Pelatih anyar Setan Merah, Erik ten Hag, ingin reuni dengan pemain asal Belanda dan mengulangi kesuksesan yang pernah mereka raih di Ajax Amsterdam.

Namun, laporan Mirror menyebut De Jong masih ingin berkiprah di Liga Champions. Kesempatan itu tak mampu diberikan oleh MU yang gagal finis di posisi empat besar klasemen akhir Liga Inggris musim lalu.

4 dari 5 halaman

Salahkan Barcelona

Frenkie De Jong sukses menjadi superstar muda bagi Barcelona. Pemain berusia 24 tahun tersebut bahkan dinobatkan sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. De Jong tercatat memiliki presentase passing sebesar 91,5%. (AFP/Lluis Gene)

Situasi transfer De Jong menjadi makin pelik setelah beredar kabar yang menyebut Barcelona belum membayar gaji sang pemain. Menurut laporan, Blaugrana masih berutang gaji 24 juta poundsterling kepada De Jong.

MU menilai Barcelona merupakan penyebab di balik mandeknya transfer Frenkie de Jong ke Old Trafford. Setan Merah beralasan pihaknya tak mungkin ngotot mengejar De Jong jika sang pemain tidak ingin bergabung dengan Manchester United.

MU konon sudah memastikan langsung hal ini kepada De Jong. Pemain timnas Belanda itu dikabarkan telah beberapa kali berbicara dengan Erik ten Hag. Oleh karena itu, kesalahan bukan terletak pada kubu Setan Merah.

5 dari 5 halaman

Ragu dengan MU

Di sisi lain, pemberitaan di Spanyol justru menyatakan sebaliknya. De Jong diklaim masih ragu dengan kepindahan ke Setan Merah. Hal itu nampaknya menjadi alasan sang pemain terus-menerus mundur dari rencana transfer ke Old Trafford.

Kendati demikian, De Jong tak menutup potensi untuk pindah ke klub lain. Pemain berusia 25 tahun itu kabarnya tertarik bergabung dengan Chelsea, jika Barcelona memang memaksanya angkat kaki dari Camp Nou.

Tiga gelandang terbaik Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya