Liverpool ke Final Liga Champions, Jurgen Klopp Sejajar dengan Legenda MU Sir Alex

Jurgen Klopp membawa Liverpool ke final Liga Champions ketiga dalam kurun lima musim terakhir.

oleh Thomas diperbarui 04 Mei 2022, 09:00 WIB
Manajer Liverpool Jurgen Klopp (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Liverpool sukses melaju ke final Liga Champions 2021/2022. The Reds lolos usai dipaksa bekerja keras oleh Villarreal di leg kedua semifinal yang berlangsung Rabu (4/5/2022) dini hari WIB.

Bermain di Estadio de la Ceramica atau El Madrigal, Liverpool menang 3-2 sehingga secara agregat unggul 5-2 atas The Yellow Submarine.

Namun Liverpool nyaris kena comeback di laga ini. Setelah menang 2-0 di leg pertama, The Reds tertinggal 0-2 dari Villarreal pada babak pertama kedua kedua semifinal. Untungnya di babak kedua Liverpool bangkit dan bisa melesakkan tiga gol.

Final Liga Champions 2021/2022 menjadi final ketiga Liverpool di kompetisi antarklub terbesar di Eropa itu dalam kurun lima musim terakhir. Ketiga final itu didapat Liverpool di bawah asuhan pelatih Jurgen Klopp.

Klopp sendiri secara keseluruhan sudah empat kali lolos ke final Liga Champions. Yang pertama didapatnya bersama Borussia Dortmund.

Prestasi ini membuat Klopp masuk buku sejarah Liga Champions. Dia menjadi manajer kelima yang sukses mencapai final Piala/Liga Champions lima kali.

 

2 dari 3 halaman

Tinta Emas Klopp

Manajer Liverpool Jurgen Klopp (AFP)

Klopp sejajar dengan nama-nama beken seperti Marcello Lippi, Miguel Nunoz, Carlo Anceloti dan legenda Manchester United Sir Alex Ferguson.

Pria Jerman ini juga menorehkan tinta emas sebagai pelatih pertama yang lolos ke final Liga Champions, Piala FA dan Piala Liga Inggris dalam musim yang sama.

3 dari 3 halaman

Menunggu Lawan

Di final Liga Champions, Liverpool akan menunggu pemenang semifinal lain antara Manchester City melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Laga City vs Madrid baru berlangsung nanti malam.

City saat ini unggul 4-3 atas Real Madrid setelah menang pada leg pertama di Etihad Stadium yang digelar pekan lalu.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya