Survei Populi Center: Prabowo Paling Dikenal dan Disukai Publik, Disusul Sandiaga-Anies

Mayoritas masyarakat menyatakan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak disukai dengan perolehan 70,6 persen.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 24 Apr 2022, 15:57 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto tiba di Istana di tengah suasana pengumuman calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei nasional yang dilakukan lembaga dan penelitian dan survei, Populi Center pada 21-29 Maret 2022, dengan tema Dinamika politik Jelang pemilu 2024 menyebutkan, Prabowo Subianto merupakan tokoh yang paling banyak dikenal publik dengan perolehan 92,3 persen.

"Terkait dengan keterkenalan tokoh-tokoh, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak dikenal/populer dengan 92,3 persen, disusul Sandiaga Salahuddin Uno (78,5 persen), Anies Baswedan (78,1 persen), Ganjar Pranowo (65,4 persen), Puan Maharani (63,3 persen), Ridwan Kamil (62,8 persen),” kata Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan dalam rilis daring, Minggu (24/4/2022).

Sementara, terkait subjek tokoh yang paling banyak disukai, Prabowo juga memimpin dengan raihan 70,6 Persen.

"Mayoritas masyarakat menyatakan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling banyak disukai dengan 70,6 persen. Disusul Sandiaga Salahuddin Uno (65,1 persen), Anies Baswedan (58,7 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Ridwan Kamil (51,6 persen)," kata dia.

Pada pertanyaan terbuka, mayoritas responden menjawab Joko Widodo sebagai sosok paling dipilih sebagai Presiden apabila pemilu diadakan hari ini, dengan persentase 15,5 persen, disusul Prabowo Subianto (13,4 persen), Ganjar Pranowo (11,6 persen), Anies Baswedan (7,2 persen), serta Sandiaga Salahuddin Uno dan Ridwan Kamil dengan masing-masing 2,2 persen.

Adapun metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error (MoE) ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

2 dari 4 halaman

Prabowo Miliki Sentimen Positif Tertinggi di Dunia Maya

Sementara itu, Merdeka Institute, lembaga survei opini publik, merilis hasil temuan terbarunya tentang lalu lintas percakapan warganet terkait sentimen terhadap top five calon presiden 2024. Peneliti Senior dari Merdeka Institute, Mohammad Yafi menjelaskan lima nama yang menjadi top five tersebut adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil. "Prabowo ada di peringkat pertama calon presiden 2024 yang memiliki sentimen positif warganet dengan persentase sebanyak 25,41%," kata Yafi saat jumpa pers daringnya, Kamis, 21 April 2022.  Urutan kedua, lanjut Yafi, ada sosok Ganjar Pranowo dengan persentase sentimen percakapan positif warganet sebanyak 20,68%. Kemudian secara berurut ada Anies Baswedan (18,96%), Sandiaga Uno (18,84%) dan Ridwan Kamil (10,48%). Yafi menjelaskan, berdasarkan analisisnya, tingginya sentimen positif tentang Prabowo Subianto dipengaruhi oleh tiga faktor. Faktor pertama, kata Yafi, adalah soal kinerjanya sebagai menteri pertahanan yang masuk dalam jajaran menteri berkinerja terbaik dalam Kabinet Jokowi Jilid II. "Kinerja ini yang ternyata cukup membuka mata publik mengenai totalitas Prabowo mengemban tugas negara," ungkap Yafi.
3 dari 4 halaman

Jarang Mau Terlibat Percakapan soal Capres 2024

Alasan kedua, sambung Yafi, dikarenakan sikap Prabowo yang jarang mau terlibat dalam percakapan tentang capres 2024. Hal itu malah diapresiasi publik sebagai sosok yang tidak ambisius nyapres dan berbeda dari beberapa menteri lain dalam Kabinet Jokowi Jilid II. "Ketiga, pernyataan-pernyataan Prabowo cenderung mengarah pada pencarian solusi daripada membangun kontroversi atas berbagai masalah nasional akhir-akhir ini," beber dia. Yafi meyakini, Prabowo Subianto mempunyai tingkat potential reach yang lebih tinggi dibandingkan capres lima besar lainnya. Hal ini menegaskan bahwa Prabowo akan jauh lebih melesat sebagai capres 2024 jika Ketua Umum Partai Gerindra itu mulai serius dan masif memanfaatkan internet dan berbagai platform media sosial untuk pembentukan opini publik. "Prabowo Subianto merupakan salah satu tokoh potensial untuk kontestasi 2024, namun belum mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk hal tersebut," nilai Yafi. Yafi menambahkan, penelitian Merdeka Institute tidak hanya soal sentimen percakapan positif. Namun, pihaknya juga meneliti parameter percakapan netral dan negatif terhadap lima orang tersebut.
4 dari 4 halaman

SMRC: Prabowo-Puan Bakal Head to Head Lawan Anies-AHY

Temuan survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dengan tema “Prabowo-Puan vs Ganjar-Airlangga atau Anies-AHY?” menyebutkan, persaingan akan sangat ketat jika pasangan Prabowo Subianto – Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono atau lawan Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024. Dalam presentasinya, Pendiri SMRC, Saiful Mujani menunjukkan bahwa jika yang bertarung hanya dua pasangan, di mana Prabowo Subianto – Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo-Puan mendapatkan 41 persen, Anies-AHY 37,9 persen. Ada 21 persen yang belum menentukan pilihan. “Suara dua pasangan ini dinilai seimbang karena selisihnya di bawah margin of error. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan,” papar Saiful, Kamis, 21 April 2022.  Saiful menyebut, hal yang sama juga terjadi dalam simulasi Prabowo-Puan melawan Ganjar-Airlangga. Pada simulasi ini, Prabowo-Puan didukung 39,3 persen, sementara dukungan pada Ganjar-Airlangga 40,3 persen suara. Masih ada 20,5 persen yang belum menentukan pilihan. Saiful menambahkan bahwa jika polanya seperti ini, belum bisa diperkirakan pasangan mana yang akan unggul. Hanya saja, lanjutnya, jika kita lihat Prabowo yang sudah berkali-kali mengikuti kontestasi ini, kemungkinan untuk menaikkan suaranya lebih berat dibanding Ganjar atau Anies.
Infografis Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya