Polisi Selidiki Aksi Pro-Invasi Rusia ke Ukraina dan Simbol Z di Jerman

Polisi di beberapa negara bagian Jerman kemudian membuka penyelidikan atas perihal aksi-aksi pro-Rusia atas invasi di Ukraina belakangan digelar di beberapa kota di Jerman.

Oleh DW.com diperbarui 20 Apr 2022, 13:53 WIB
Simbol Z yang digunakan militer Rusia di Ukraina. (Tass)

, Berlin - Aksi-aksi pro-Rusia belakangan digelar di beberapa kota di Jerman, antara lain karena "dukungan dan persetujuan” atas tindakan illegal Rusia di Ukraina, yang diduga telah melakukan kejahatan perang.

Polisi di beberapa negara bagian Jerman kemudian membuka penyelidikan atas perihal tersebut.

Mengutip DW Indonesia, Rabu (20/4/2022), lebih dari 140 investigasi telah diluncurkan. Sebagian besar menyelidiki penggunaan simbol "Z" yang terlihat dalam beberapa aksi protes di Jerman.

Simbol itu digunakan militer Rusia dalam invasi ke Ukraina dan dalam penyerangan terhadap warga sipil.

Beberapa negara bagian Jerman mengklasifikasikan penggunaan simbol itu sebagai dukungan atau persetujuan terhadap tindakan ilegal dan invasi militer.

"Tampilan simbol-simbol ini di ranah publik sehubungan dengan invasi Rusia, akan memicu penyelidikan, ketika penggunaannya dalam konteks itu berarti dukungan untuk perang agresi Rusia," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri negara bagian Magdeburg.

Penyebaran Simbol Z

Penyebaran simbol "Z" di Rusia bukan hanya karena spontanitas media sosial - demikian peringatan Aglaya Snetkov dari UCL. "Itu juga didorong oleh rezim."

Seorang politikus Rusia, Maria Butina, membagikan video tentang cara menulis lencana "Z" di jaket bisnis - Ms Snetkov menjelaskan - "sehingga Anda dapat pergi bekerja dan menunjukkannya kepada semua orang tanpa berteriak tentang hal itu."

Tapi Aglaya Snetkov mengatakan simbol itu tidak boleh dilihat sebagai fasis. "Ada banyak meme yang mengubah huruf 'Z' menjadi swastika, tapi itu dilakukan oleh orang-orang yang ingin melawan rezim."

Dan ada simbol lain yang muncul juga.

Huruf "V" misalnya - juga tidak dalam alfabet Cyrillic - muncul di postingan di akun Instagram resmi departemen pertahanan Rusia, di samping gambar "Zs".

Ada keterangan tertulis. "Za PatsanoV" dibaca satu, yang berarti "untuk para pemuda" - sementara yang lain mengatakan "Sila V pravde", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "kekuatan dalam kebenaran".

Satu teori lain yang juga jadi sorotan adalah bahwa dua huruf Latin mungkin singkatan dari "vostok", yang berarti timur, dan "zapad", yang berarti barat. Tetapi di media sosial, juga telah diperkirakan bahwa militer Ukraina percaya bahwa "Z" mengacu pada "Pasukan Timur" Rusia - dan "V" untuk "infantri Angkatan Laut".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanda Z Hanya Simbol Solidaritas?

Ilustrasi bendera Rusia (pixabay)

Kementerian Dalam Negeri Nordrhein-Westfalen (NRW), negara bagian terpadat di Jerman, telah membuka penyelidikan terhadap 37 kasus, antara lain karena tuduhan "persetujuan atas kejahatan perang".

"Dari jumlah itu, 22 investigasi menyelidiki penggunaan simbol Z sebagai tanda solidaritas dengan komandan militer Rusia," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri NRW kepada jaringan media dan jurnalis investigasi RND.

Pada akhir Maret lalu, parade mobil digelar dari kota Köln ke kota Bonn, bekas ibu kota Jerman, yang berakhir di tugu peringatan Uni Soviet di sebuah pekuburan lokal.

Juru bicara kementerian juga mengatakan, kerusakan properti juga telah terjadi sehubungan dengan perang, dan penyelidik juga mengusut penggunaan simbol "Z" dalam kasus ini.

Penyelenggara protes pro-Rusia mengatakan, mereka tidak mendukung perang, tetapi memrotes diskriminasi terhadap penutur bahasa Rusia yang terjadi di Jerman sejak invasi Rusia.

 

3 dari 4 halaman

Aksi pro-Rusia: Kebebasan Berbicara atau Tindak Pidana?

Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)

Penyelidik di negara bagian Hamburg dan Sachsen-Anhalt juga mengambil tindakan, dengan membuka penyelidikan atas masing-masing  17 dan 19 kasus untuk pelanggaran pidana.

Di negara bagian Bayern, Kementerian Kehakiman tidak mengumumkan jumlah kasus yang sedang diselidiki. Tetapi Menteri Kehakiman Georg Eisenreich mengatakan, jaksa penuntut umum Bayern mengambil tindakan tegas terhadap orang-orang yang mendukung perang ilegal.

Georg Eisenreich menegaskan, kebebasan berpendapat dilindungi dalam konstitusi Jerman. "Setiap orang di Jerman dapat mengungkapkan pendapat mereka. Tetapi kebebasan berekspresi berakhir, di mana tindak pidana dimulai," katanya. Menteri kehakiman negara bagian Bayern itu menambahkan: "Kami tidak akan menerima persetujuan kejahatan terhadap hukum internasional."

4 dari 4 halaman

Ramai Huruf Z Jadi Simbol Perang Rusia Vs Ukraina, Apa Artinya?

Ilustrasi Ukraina dan Rusia. (Xinhua/Kantor Berita Belta)

Pesenam Rusia Ivan Kuliak menghadapi proses disipliner oleh Federasi Senam Internasional (FIG) karena menampilkan huruf "Z" pada kostum yang dipakainya di podium, di sebelah saingan Ukraina di Qatar. Apa arti simbol itu?

Di Rusia, mengutip BBC, Selasa (8/3/2022), "Z" dengan cepat dilihat sebagai simbol pro-perang yang gigih dari invasi Presiden Putin ke Ukraina. Simbol ini juga telah dipakai oleh politikus, terlihat di sisi mobil, van dan papan iklan - serta terpampang di halte bus.

Simbol Z itu bahkan telah digunakan oleh Serbia pada demonstrasi pro-Rusia di Beograd. Foto-fotonya banyak beredar di media sosial.

Simbol ini telah menjadi perbincangan di media sosial, kata Aglaya Snetkova, dosen politik internasional di School of Slavonic and Eastern European Studies di UCL. "Dalam banyak hal, ini menunjukkan sejauh mana Rusia, atau telah menjadi bagian dari dunia global."

Sementara zed dalam alfabet Cyrillic Rusia ditulis secara berbeda - dan terlihat seperti 3 - kebanyakan orang Rusia mengenali huruf Latin. Emily Ferris, Rekan Peneliti Rusia dan Eurasia di RUSI, mengatakan "Z" adalah simbol yang kuat dan mudah dikenali.

"Seringkali dengan propaganda, hal-hal yang paling sederhana dapat ditangkap dengan cepat," katanya. "Ini terlihat agak menakutkan dan cukup mencolok. Dari perspektif estetika, itu adalah simbol yang sangat kuat."

Butuh waktu kurang dari dua minggu bagi "Z" untuk menyebar di antara mereka yang mendukung invasi Presiden Putin.

Di Kota Kazan, Rusia tengah, sekitar 60 anak dan staf di sebuah rumah perawatan difoto di luar di tengah salju membentuk huruf "Z" raksasa di depan gedung mereka.

Pertama Kali Simbol Z Menarik Perhatian

Beberapa teori telah beredar tentang apa arti sebenarnya dari simbol "Z". Ini pertama kali menarik perhatian di media sosial setelah tank Rusia dengan "Zs" di sampingnya terlihat dalam perjalanan ke Ukraina.

Awalnya, diperkirakan bahwa "Z" sebenarnya adalah angka "2" - mewakili 22 Februari (22/02/2022). Itu adalah hari di mana Rusia meratifikasi kesepakatan tentang "persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik" dengan wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur - Donetsk dan Luhansk.

Tapi sekarang diyakini simbol itu hanyalah cara bagi militer Rusia untuk mengidentifikasi pasukannya sendiri.

Pekan lalu, pemirsa program berita di Channel One milik negara Rusia diberitahu bahwa "Z" adalah tanda umum pada peralatan militer Rusia. Situs web pro-Putin Kristen Ortodoks Tsargrad mengatakan kepada pembaca bahwa penandaan sederhana itu dapat "menghindari tembakan dari pasukan sendiri" dan tidak dapat "dicampur dengan hal lain".

Veteran pasukan khusus Rusia Sergey Kuvykin mengatakan kepada situs majalah Rusia, Life, bahwa simbol yang berbeda menandakan unit militer yang berbeda. "Simbol seperti ini digunakan - 'Z' dalam bujur sangkar, 'Z' dalam lingkaran, 'Z' dengan bintang atau hanya 'Z' saja." Dia mengatakan penandaan membantu memastikan bahwa pasukan, yang mungkin tidak berhubungan dengan rekan-rekan lain, berada di tempat yang seharusnya.

"Pesawat-pesawat tempur Rusia terbang terlalu cepat untuk melihat tanda-tanda putih," kata Letnan Kolonel Tyson Wetzel Angkatan Udara AS - seorang rekan senior Angkatan Udara di think tank The Atlantic Council - kepada situs web Task and Purpose. Tapi dia setuju "Zs" adalah "langkah mencegah konflik untuk membantu mencegah pembunuhan saudara "- tembakan dari helikopter serang atau artileri Rusia.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya