Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Siap Sajikan Kuliner Legendaris Indonesia di MotoGP Mandalika

Puluhan kuliner otentik dari berbagai wilayah Indonesia siap memanjakan selera para pengunjung MotoGP lewat Festival Jajanan Bango Mandalika 2022.

oleh Henry diperbarui 13 Mar 2022, 23:47 WIB
Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Siap Sajikan Kuliner Legendaris Indonesia di MotoGP Mandalika. foto: dok. Alchemy

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap motor bergengsi MotoGP Mandalika digelar di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam momen itu juga akan berlangsung Festival Jajanan Bango (FJB) Mandalika 2022 yang waktunya juga bersamaan dengan MotoGP Mandalika yaitu pada 18-20 Maret 2022.

Bango yang merupakan produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. resmi menjadi Presenting Partner dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf RI untuk menghadirkan kekayaan cita rasa kuliner nusantara. Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, puluhan kuliner otentik yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia siap memanjakan selera para pengunjung MotoGP Mandalika 2022.

Menurut Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, kolaborasi dengan Bango di FJB Mandalika 2022, merupakan komitmen pemerintah untuk dapat bekerja sama dengan pihak stakeholder seperti Bango karena memberi semangat yang luar biasa untuk terus berkolaborasi.

"Tujuan kami sama yaitu untuk memajukan kuliner Indonesia menjadi landasan awal bagi kolaborasi ini. Harapan kami, ini bisa menjadi langkah untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak hanya di nasional namun dunia," ucap Neil dalam jumpa pers virtual pada Minggu (13/3/2022).

Sementara Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, Bango telah secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia melalui berbagai program dan aktivitas. Salah satunya melalui FJB yang sudah digelar sejak 2005.

"Kebanggaan terhadap kekayaan ragam cita rasa kuliner nusantara pun begitu terasa dari puluhan ribu pencinta kuliner yang selalu memadati FJB di tahun-tahun sebelumnya," terang Neil.  Sejak 2018, pelaksanaan FJB telah berkolaborasi dengan Kemenparekraf karena dinilai punya peran strategis dalam memperkuat sektor wisata kuliner.

Hal itu dinilai efektif untuk menyebarluaskan pesan #BanggaBuatanIndonesia dan #BeliKreatifLokal kepada para pecinta kuliner.  Kolaborasi inilah yang melandasi Kemenparekraf untuk memberikan kepercayaan pada Bango dan FJB untuk menjadi Presenting Partner pemerintah untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di MotoGP Mandalika 2022.

FJB Mandalika 2022 akan memanjakan para pengunjung, dengan menghadirkan enam penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas NTB yang kelezatan hidangannya sudah sangat dikenal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Menjaga Kualitas

Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Siap Sajikan Kuliner Legendaris Indonesia di MotoGP Mandalika. (Liputan6.com/Henry)

Salah satu penjaja kuliner legendaris yang akan hadir di FJB Mandalika 2022 adalah Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah. Tempat makan yang didirikannya sejak 1996 ini punya ciri khas menggunakan mi bertekstur tebal yang diolah sendiri, dan 24 jenis rempah yang didatangkan langsung dari Aceh.

"Kami akan selalu menjaga kualitas hidangan sepanjang acara agar dapat menyajikan hanya yang terbaik bagi para pecinta kuliner," kata Ratna.  Antusiasme yang sama datang dari H. Sofian Maulani, pemilik Rumah Makan Taliwang Irama generasi ketiga yang sudah sangat terkenal di Lombok.

Sebagai warga lokal yang menjadi tuan rumah pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, mereka sangat senang bisa ikut menjamu para pengunjung dengan keotentikan hidangan mereka di FJB Mandalika 2022. Mereka berharap, acara ini bisa semakin mengharumkan aneka kuliner kebanggaan khas kota Lombok dan membantu membangkitkan perekonomian lokal Lombok.

Demi memastikan keamanan dan kenyamanan acara, FJB Mandalika 2022 akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol 5M secara ketat untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Caranya antara lain, penggunaan QR code dan sistem cashless untuk registrasi masuk, pemesanan, hingga transaksi makanan guna menghindari antrean.

3 dari 5 halaman

Food Truck

Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Siap Sajikan Kuliner Legendaris Indonesia di MotoGP Mandalika. foto: dok. Alchemy

Selain itu, penyelenggara akan menerapkan sistem kuota pengunjung per jam untuk meminimalkan kerumunan. Lalu, penyediaan area makan yang luas dengan jarak yang aman. Selain itu, seluruh pendukung acara juga akan melakukan test antigen secara berkala, dilengkapi tim medis yang akan standby sepanjang acara berlangsung.

Sebagai simbolisasi kerja sama dan peluncuran FJB Mandalika 2022, Kemenparekraf dan Bango melakukan prosesi pelepasan motor balap yang akan membawa hidangan dari perwakilan penjaja kuliner legendaris menuju Mandalika.

Di kesempatan yang sama, diberangkatkan pula 9 unit food truck yang akan turut memeriahkan gelaran MotoGP Mandalika. Seluruh food truck akan singgah di empat kota besar yaitu Jakarta, Solo, Surabaya dan akan berakhir di Mandalika.

Kesepuluh food truck ini adalah: Chibimilk, Yellow Bowl, Martabak Orins, Burger Bangor, Amanda Brownies, Bakso Afung, AWN CANTEEN X LABO TRUCK, Jabarano, dan Indomaret. Untuk mendukung keamanan dan kelancaran acara, nantinya salah satu sistem pembayaran yang digunakan oleh food truck adalah melalui cashless payment (QRIS).

 

4 dari 5 halaman

Aneka Bumbu

Festival Jajanan Bango 2019. (istimewa).

Menparekraf Sandiaga Uno yang turut hadir dalam pelepasan tersebut, mengatakan kerja sama ini adalah kolaborasi yang sangat bagus dan familiar dengan brand Bango sebagai salah satu brand legendaris Indonesia.

"Kekayaan dan keanekaragaman kuliner kita, terutama yang nanti akan ditampilkan di Festival Jajanan Bango mudah-mudahan akan meningkatkan kepuasan penonton MotoGP Mandalika. Karena kita menjadi pusat perhatian dunia, dimana 400 juta pasang mata akan melihat Moto GP," tutur Sandiaga.

"Acara ini akan menunjukkan kearifan lokal kita dan juga aneka bumbu yang kita miliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’. Mari kita lestarikan dan rayakan keragaman kuliner Indonesia, dan mari sukseskan Moto GPMandalika," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Oleh-oleh Makanan khas Indonesia

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya