Luhut Sebut Putra Mahkota Abu Dhabi Siap Bantu Miliaran Dolar untuk Pembangunan IKN

Putra Mahkota MBZ menilai keputusan Presiden Jokowi memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur sangat tepat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Feb 2022, 15:24 WIB
Menko Marves Luhut B. Pandjaitan saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 3 Januari 2022. (Dok Humas Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) siap membantu mendanai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Menurut dia, Putra Mahkota MBZ memberikan instruksi langsung ke para menterinya terkait hal tersebut saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu lalu.

"Crown Prince Mohammed bin Zayed langsung memberikan instruksi kepada menterinya di depan saya. Pada waktu beliau bicara dengan Presiden, akan membantu sekian miliar dolar untuk pembangunan (IKN) itu tadi," kata Luhut saat menghadiri Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-96 di Labuan Bajo, NTT secara virtual, Sabtu (5/2/2022).

Putra Mahkota MBZ menilai keputusan Jokowi memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur sangat tepat. Untuk itu, Putra Mahkota Mohammed Bin Zayed siap terlibat dalam pembangunan IKN.

"MBZ itu menyampaikan (kepada) presiden, saya ada di situ, dia (MBZ) bilang 'Keputusan anda membangun ibu kota baru sangat tepat, membangun ibu kota yang modern dan saya akan terlibat'," ujar Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap isi pembicaraan Jokowi dan Pangeran MBZ.

Dia mengatakan bahwa Jokowi dan Putra Mahkota Mohammed Bin Zayed berteman baik. Luhut menuturkan kedekatan hubungan keduanya membawa kebaikan untuk Indonesia.

"Crown Prince Mohammed bin Zayed itu juga akan datang ke Indonesia nanti G-20 dan juga kemungkinan besar akan masuk juga ke IKN karena IKN ini menjadi topik," ujar Luhut.

2 dari 2 halaman

Jokowi dan MBZ Komit Perkuat Kerjasama Pembangunan IKN

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi melakukan pertemuan bilateral di Istana Al-Shatie Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA), Rabu 3 November 2021. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin membahas masalah kerja sama di bidang energi terbarukan, pembangunan Ibu Kota Baru, investasi, hingga perdagangan.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan, Jokowi dan Putra Mahkota MBZ juga berkomitmen memperkuat kerja sama dan kemitraan dalam pembangunan Ibu Kota Varu. Kedua pemimpin sepakat untuk menindaklanjuti secara intensif berupa pertemuan-pertemuan pada tingkat teknis.

"Beliau mengarahkan untuk terus diintensifkan khusus membahas mengenai pembangunan ibu kota baru," ucap Retno dikutip dari siaran pers, Kamis 4 November 2021.

Seperti diketahui, Jokowi meminta Putra Mahkota MBZ menjadi Ketua Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru RI di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Putra Mahkota MBZ pun merespons positif permintaan Jokowi tersebut.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya