Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Harapan untuk Kripto

Presiden Rusia, Vladimir Putin justru berikan harapan untuk kripto di negara itu setelah bank sentral Rusia malah sebaliknya.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 29 Jan 2022, 20:47 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyerukan konsensus antara pemerintah negaranya dan bank sentral menyusul seruan terakhir baru-baru ini untuk larangan langsung terhadap kripto.

Berbicara dalam konferensi video dengan para menteri pemerintah pada Rabu, Putin meminta semacam pendapat bulat antara pemerintahnya dan Bank Rusia untuk dibentuk melalui diskusi dalam waktu dekat.

Bank sentral Rusia menyerukan larangan total terhadap kripto dalam sebuah laporan minggu lalu, karena volatilitas dan penggunaannya untuk kegiatan ilegal. Namun, seruan larangan kripto oleh Bank Rusia telah ditentang oleh kementerian keuangan negara itu dengan alasan itu akan merusak perkembangan teknologi industri.

"Bank sentral memiliki posisinya sendiri. Ini terkait dengan fakta bahwa ekspansi jenis kegiatan ini membawa risiko tertentu, dan pertama-tama bagi warga negara, mengingat volatilitas yang tinggi dan beberapa komponen lain dari topik ini," kata Putin, seperti dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (29/1/2022). 

“Namun, ini harus diimbangi dengan keunggulan kompetitif tertentu yang dimiliki Rusia dalam hal pertambangan, karena surplus listrik negara itu dan personel yang terlatih," ujar kepala negara Rusia itu.

Menurut Pusat Keuangan Alternatif Universitas Cambridge. pada Agustus lalu, Rusia adalah negara penambang Bitcoin terbesar ketiga di dunia setelah AS dan China. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bank Sentral Rusia Bakal Larang Penambangan Kripto

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Bank sentral Rusia baru saja merilis laporan yang menguraikan posisinya tentang cryptocurrency. Sederhananya, Rusia ingin mendorong para penambang crypto keluar dari negara itu.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Sabtu, 22 Januari 2022 Bank Rusia percaya cryptocurrency menimbulkan risiko signifikan bagi kesejahteraan warga Rusia dan stabilitas sistem keuangan. Selain itu, Bank Rusia menyoroti perannya dalam aktivitas ilegal.

Bank khawatir pengembangan tambahan pasar crypto akan merusak kedaulatan kebijakan moneternya. Menariknya, bank sentral mengatakan negara maju yang memiliki mata uang cadangan mampu menanggung risiko tersebut, sehingga mereka memilih jalur regulasi.

Bank ingin menambahkan hukuman untuk menggunakan crypto sebagai alat pembayaran di dalam Rusia, melarang pertukaran crypto dan platform P2P serta melarang investasi crypto untuk perusahaan keuangan.

Meskipun begitu, Bank Rusia tidak mengusulkan pelarangan crypto untuk warga Rusia, sehingga mereka dapat menggunakan valuta asing untuk membeli cryptocurrency.

Hal yang terpenting adalah Bank Rusia ingin melarang penambangan crypto karena penggunaan energi yang tinggi dan peningkatan permintaan untuk infrastruktur crypto, yang dapat digunakan untuk melewati larangan crypto lainnya.

Menurut Bank of Russia, negara tersebut menyumbang 11,2 persen dari hashrate global pada Agustus 2021. Pangsanya dalam hashrate global meningkat pesat, karena hanya 6,9 persen pada awal 2021. Pada Agustus 2021, Rusia berada di belakang. AS (35,4 persen) dan Kazakhstan (18,1 persen).

Jika Rusia melarang penambangan crypto dan di sisi lain terjadi sesuatu di Kazakhstan, yang baru-baru ini dilanda kerusuhan, para penambang crypto mungkin terjebak di AS.

Informasi tersebut belum diketahui apakah akan berdampak langsung pada Bitcoin dan cryptocurrency terkemuka lainnya seperti Ethereum, Cardano atau Solana. 

Namun, kabar baiknya adalah bahwa Bank Russia tidak mengusulkan untuk melarang crypto untuk warga Rusia, jadi tidak ada risiko penjualan paksa, yang bisa memberi tekanan pada beberapa harga koin.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya