Roy Suryo: Kecelakaan Dahlan Iskan Human Error

Anggota DPR RI Roy Suryo mengatakan, penyebab kecelakaan Dahlan Iskan adalah faktor kesalahan manusia.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Jan 2013, 00:52 WIB
Kabar mengagetkan datang dari Menteri BUMN Dahlan Iskan, Sabtu petang. Mobil listrik "Ferrari" Tucuxi yang dikendarainya menabrak tebing saat menempuh perjalanan dari Solo menuju Magetan, kampung halamannya di Jawa Timur.

Untungnya, baik Dahlan maupun ahli teknologi mobil listrik yang duduk di sampingnya, Riki Nelson, selamat. Terkait kecelakaan itu, anggota DPR RI Roy Suryo mengatakan, penyebab kecelakaan adalah faktor kesalahan manusia.

"Meski Alhamdulillah beliau selamat dan tidak ada korban, tetapi "kecelakaan" Tuxuci human error," kata dia dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (5/1/2013).

Alasannya, tambah politisi Demokrat itu, "karena tidak menguasai teknik rem di jalan menurun."

Sebelumnya, kecelakaan yang dialami Dahlan terjadi saat mobil menuruni lereng timur Gunung Lawu. Rem yang semula berfungsi baik, tiba-tiba mengalami masalah.

Daripada mencelakakan orang lain, Dahlan memilih menabrakkan kendaraannya ke tebing. "Kalau tidak saya tabrakkan ke tebing, mobil akan makin meluncur kencang dan akan membahayakan orang lain," kata Dahlan, Sabtu (5/1/2013).

Setelah menabrak tebing, mobil masih berjalan menabrak tiang listrik dan  berhenti persis di depan kendaraan depannya, mobil jenis Panther di kanan jalan.

Meski celaka, Dahlan mengaku tetap bangga dengan mobil buatan anak negeri itu. "Saya sendiri yang mencoba mobil ini sehingga saya sendiri dan risikonya saya yang menanggung," kata dia.(Ein)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya