Terkuak, 6 Pekerjaan yang Diramal Mendominasi Ekonomi AS

Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengungkapkan 6 pekerjaan di industri yang akan mendominasi ekonomi negara selama sepuluh tahun mendatang.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 01 Okt 2021, 05:00 WIB
Pejalan kaki melewati The Spheres, kantor bernuansa hutan hujan yang baru dibuka Amazon, di Seattle, AS, Senin (29/1). The Spheres terdiri dari tiga rumah kaca berukuran bulat yang menaungi 40.000 jenis tanaman dari 400 spesies. (AP/Ted S. Warren)

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 15 juta orang di Amerika Serikat telah berhenti dari pekerjaan mereka sejak April 2021 - sebuah tren dampak pandemi COVID-19 yang mempengaruhi tenaga kerja di negara itu.

Saat mempertimbangkan langkah mereka selanjutnya, para pencari kerja di AS mungkin bertanya-tanya pekerjaan mana yang akan menawarkan karir paling stabil, atau gaji terbesar.

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung pun telah menggeser pekerjaan mana yang paling diminati dan akan terus populer di tahun-tahun mendatang, serta seberapa kompetitif gaji mereka.

Menurut data baru dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pekerjaan di beberapa industri termasuk teknologi dan perawatan kesehatan akan mendominasi ekonomi negara itu selama sepuluh tahun mendatang, dengan beberapa perusahaan membayar karyawan mereka lebih dari USD 100.000 per tahun (Rp 1,4 miliar), seperti dikutip dari CNBC, Kamis (30/9/2021).

Namun antara Februari dan April 2020, lebih dari 1,5 juta pekerja layanan kesehatan di AS kehilangan pekerjaan mereka. Ini menurut analisis Altarum, sebuah organisasi penelitian dan konsultasi nirlaba yang berfokus pada perawatan kesehatan.

Dengan pemulihan pekerjaan perawatan yang lambat, analisis Altarum menunjukkan bahwa jumlah perempuan dengan pekerjaan ini masih jauh di bawah tingkat pra-pandemi.

"Pandemi memiliki dampak yang tidak dapat disangkal pada pekerjaan mana yang populer dan akan terus menjadi yang paling dicari selama beberapa tahun ke depan," kata pakar Monster career Vicki Salemi, kepada CNBC Make It.

"Kami membawa kembali pekerjaan penting yang hilang," ujarnya.

CNBC membeberkan daftar pekerjaan yang ditawarkan dengan gaji lebih dari USD 100.000 per tahun, yaitu praktisi perawat, analis keamanan informasi, manajer layanan medis dan kesehatan, asisten dokter, aktuaris, pengembang perangkat lunak, analis dan penguji jaminan kualitas perangkat lunak.

Banyak pekerjaan dalam daftar ini adalah peran yang sangat terampil yang tidak dapat dengan mudah digantikan oleh otomatisasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kekhawatiran akan Digantikan dengan Kecerdasan Buatan (AI)

Staf Google melakukan pemogokan di kantor pusat perusahaan Inggris di London pada 1 November 2018 sebagai bagian dari kampanye global atas penanganan pelecehan seksual oleh raksasa teknologi AS. Tolga Akmen/AFP

“Banyak pencari kerja khawatir tentang mesin dan AI (kecerdasan buatan) mengambil alih pekerjaan atau umur panjang karir mereka karena kesenjangan keterampilan di resume mereka," ungkap Salemi.

"Proyeksi ini menawarkan wawasan berharga tentang keterampilan yang dicari oleh manajer perekrutan dan, karena mereka berada di industri yang berbeda, pekerja yang ingin mengubah karier memiliki banyak pilihan," paparnya.

Aktuaris, misalnya, biasanya diharapkan memiliki gelar sarjana dalam bidang matematika, statistik, atau bidang analitik yang berbeda dan menyelesaikan setidaknya satu ujian sertifikasi pada saat mereka lulus kuliah, meurut Indeed.

Platform pencarian kerja merekomendasikan agar pengembang perangkat lunak memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai pengkodean dan bahasa pemrograman serta aplikasi perangkat lunak seperti Oracle.

Kedua pekerjaan tersebut dapat meningkatkan popularitas mereka karena teknologi yang berkembang, kata Kepala Divisi Biro Statistik Tenaga Kerja AS, Michael Wolf.

Aktuaris mengukur konsekuensi keuangan dari risiko dan ketidakpastian — dua tantangan yang dihadapi setiap bisnis di beberapa titik selama pandemi, menurut Wolf, membuat pekerjaan yang dilakukan aktuaris menjadi sangat penting.

"Ada lebih banyak data di luar sana untuk membantu perusahaan menganalisis dan mengelola risiko, yang membuka ruang lingkup dari apa yang dapat dicapai oleh para profesional ini," tambahnya.

Sementara pengembang perangkat lunak, memainkan peran yang lebih sentral di perusahaan, menurut prediksi Wolf, karena jumlah platform perangkat lunak dan aplikasi yang harus digunakan orang secara teratur "terus meningkat secara dramatis."

"Perusahaan membutuhkan insinyur perangkat lunak untuk mengembangkan dan memelihara semua fungsi itu," sebut Wolf.

Pandemi telah mempercepat perubahan tertentu pada tenaga kerja di AS, yaitu dengan mengungkap kelemahan dalam sistem perawatan kesehatan negara itu dan operasi TI perusahaan, sehingga membuat pekerjaan di kedua bidang tersebut lebih populer.

Namun, Salemi mencatat bahwa faktor-faktor lain yang mendorong peningkatan pekerjaan perawatan kesehatan dan teknologi, termasuk populasi yang menua dan meningkatnya digitalisasi, sudah ada sebelum pandemi dan akan mempengaruhi pasar kerja bahkan setelah krisis itu mereda.

"Ini adalah medan panas yang tidak menunjukkan tanda-tanda melambat," ujarnya.

"Karena perawatan kesehatan dan teknologi terus berkembang dengan kecepatan yang begitu cepat, kita akan membutuhkan pekerja yang sangat terampil untuk memandu evolusi itu," imbuh Salemi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya