Melawan Taliban di Lembah Panjshir, 20 Warga Sipil Tewas

Dalam perjuangan perlawanan dengan Taliban, diperkirakan sedikitnya 20 warga sipil tewas.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 14 Sep 2021, 18:50 WIB
Gerakan perlawanan Afghanistan dan pasukan pemberontakan anti-Taliban mengambil bagian dalam pelatihan militer di daerah Abdullah Khil, Distrik Dara, Provinsi Panjshir, Afghanistan, 24 Agustus 2021. Panjshir jadi satu-satunya wilayah Afghanistan yang belum dikuasai Taliban. (Ahmad SAHEL ARMAN/AFP)

Liputan6.com, Kabul - Laporan BBC menemukan bahwa setidaknya 20 warga sipil telah tewas oleh Taliban di Lembah Panjshir

Rekaman dari pinggir jalan berdebu di Panjshir menunjukkan seorang pria mengenakan perlengkapan militer dikelilingi oleh anggota Taliban. Tembakan dilemparkan dan dia pun merosot ke tanah.

Melansir BBC, Selasa (14/9/2021), tidak jelas apakah pria yang tewas itu adalah seorang anggota tentara lantaran seragam tempur yang dikenakan adalah hal biasa di wilayah tersebut. 

Dalam video tersebut, seorang pengamat bersikeras bahwa dia adalah warga sipil.

BBC telah menetapkan setidaknya ada 20 kematian seperti itu di Panjshir.

Salah satu korban adalah seorang penjaga toko dan ayah dua anak bernama Abdul Sami. Sumber-sumber lokal mengatakan pria itu tidak akan melarikan diri ketika Taliban maju, mengatakan kepada mereka: "Saya hanya pemilik toko yang miskin dan tidak ada hubungannya dengan perang." 

Tapi dia ditangkap, dituduh menjual kartu sim ke pejuang perlawanan. Beberapa hari kemudian mayatnya dibuang di dekat rumahnya. Saksi yang melihat tubuhnya mengatakan adanya tanda-tanda penyiksaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perlawanan di Lembah Panjshir

Gerakan perlawanan Afghanistan dan pasukan pemberontakan anti-Taliban mengambil bagian dalam pelatihan militer di daerah Abdullah Khil, Distrik Dara, Provinsi Panjshir, Afghanistan, 24 Agustus 2021. Panjshir jadi satu-satunya wilayah Afghanistan yang belum dikuasai Taliban. (Ahmad SAHEL ARMAN/AFP)

Ketika Taliban berkuasa bulan lalu, hanya satu wilayah yang bertahan.

Lembah Panjshir telah lama menjadi titik fokus perlawanan di Afghanistan. 

Di bawah komandan oposisi Ahmad Shah Massoud, wilayah itu memukul mundur pasukan Soviet dan Taliban. 

Puncak gunung mengelilingi lembah sehingga sulit bagi siapa pun yang mencoba untuk menangkapnya.

Putra Massoud, Ahmad, memimpin perlawanan terhadap Taliban untuk kedua kalinya mereka menguasai Afghanistan, tetapi minggu lalu kelompok militan itu menyatakan kemenangan, memposting rekaman para pejuang mereka mengibarkan bendera mereka.

Pasukan perlawanan telah bersumpah untuk terus berjuang, dengan Ahmad Massoud menyerukan "pemberontakan nasional" melawan Taliban.

Sekarang perhatian beralih ke apa yang terjadi selanjutnya di Panjshir, seperti di tempat lain di Afghanistan, dengan Taliban kembali bertanggung jawab. 

Ketika Taliban memasuki lembah, mereka mendorong warga untuk beraktivitas seperti biasa.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya