5 Hal Menarik tentang Gaun Pengantin Putri Diana yang Tak Banyak Diketahui Orang

Gaun pengantin Putri Diana menyimpan sederet rahasia yang tak banyak diketahui publik. Apa saja?

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jun 2021, 11:02 WIB
Jurnalis berdiri di samping gaun pengantin Putri Diana selama pratinjau media untuk pameran "Royal Style in the Making" di Istana Kensington di London, Rabu (2/6/2021). Pameran yang dibuka untuk pengunjung pada Kamis, 3 Juni 2021, ini akan berlangsung hingga 2 Januari 2022. (AP Photo/Matt Dunham)

Liputan6.com, Jakarta - Gaun pengantin Putri Diana merupakan salah satu gaun pengantin paling terkenal sepanjang masa. Gaun pengantin yang bervolume itu dilihat oleh 750 juta orang di seluruh dunia, ketika menyaksikan wanita berusia 20 tahun itu menikahi Pangeran Charles di Katedral St Paul pada Juli 1981.

Gaun itu kini tengah dipamerkan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun di Istana Kensington. Gaun tersebut bisa dilihat publik langsung mulai 3 Juni 2021, hanya beberapa minggu sebelum ulang tahun ke-60 Putri Diana. Penyelenggara mengatakan gaun itu "sekarang di antara yang paling terkenal dalam sejarah pengantin".

Tap,i tahukah anda ternyata ada banyak rahasia dibalik gaun legendaris yang dibuat dari bermeter-meter sutra-taffeta ini? Berikut lima fakta gaun pengantin Putri Diana yang belum banyak diketahui seperti dilansir dari The Independent, Jumat (4/6/2021)

1. Putri Diana pilih desainer sendiri

David dan Elizabeth Emanuel adalah pasangan suami istri yang mendesain gaun ikonis itu. Pasangan yang kini telah bercerai itu dipilih oleh Lady Diana Spencer setelah mereka menciptakan beberapa gaun taffeta untuknya yang diterima dengan baik oleh publik dan pers. Putri Diana bahkan menelepon studio desainer sendiri untuk menanyakan apakah mereka mau mengambil tugas yang monumental itu.

2. Ada noda di gaunnya

Menurut penata rias Diana, Barbara Daly, calon putri itu menumpahkan beberapa parfum Quelques Fleurs pada gaun berharganya di pagi hari menjelang pernikahan. Seperti yang diceritakan dalam buku Rosalind Coward, Diana: The Portrait, Daly mengatakan bahwa untuk menyembunyikan nodanya, pengantin wanita menyelipkannya di bagian depan gaun. Untungnya, dia juga memegang buket bunga besar yang menjuntai saat berjalan menyusuri lorong.

3. Kekusutan yang mengejutkan

Jika anda pernah melihat foto Putri Diana di hari pernikahannya dan bertanya-tanya, apakah roknya seharusnya sekusut itu? Jawabannya tidak. David Emanuel mengungkapkan bahwa dia terkejut melihat betapa kusutnya rok sutra-taffeta itu ketika Princess of Wales muncul dari kereta yang membawanya ke katedral.

Saat diwawancarai untuk film dokumenter, Invitation To A Royal Wedding, dia berkata, "Kami tahu itu akan sedikit kusut, tetapi ketika saya melihat Diana tiba di St Paul dan kami melihat lipatannya, saya benar-benar merasa pingsan. Saya benar-benar ngeri, karena ada cukup banyak kerutan di sana dan dia berada di kereta kecil ini bersama ayahnya, yang cukup tinggi, dan dia mungkin duduk sesak."

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

4. Kereta Pemecah Rekor Kerajaan

Gaun pengantin Putri Diana menjadi salah satu baju pernikahan paling ikonik sepanjang masa (Wikipedia)

Kereta yang membawa Putri Diana bergaun pengantin juga menjadi fenomena tersendiri. Dengan panjang hampir delapan meter, kereta kuda itu memecahkan rekor sebagai yang terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan. Kereta tersebut dibuat dengan mekanisme yang dibuat khusus. Dalam gaun itu tersemat tapal kuda emas sebagai jimat keberuntungan yang disembunyikan di dalam kemben.

5. Gaun Pengecoh

Gaun pengantin Diana ternyata diperlakukan tak ubahnya seperti rahasia negara. Demi menjaga agar tidak bocor ke publik sebelum hari pernikahan, usaha ekstra diperlukan dengan menciptakan gaun pengecoh. Emanuels mendesain gaun lain dengan garis leher yang lebih menonjol dan renda yang lebih sedikit, ditambah ada rok cadangan, jika nantinya terjadi keadaan darurat busana.

"Kami harus memeras otak bahwa sesuatu yang salah bisa terjadi dan itu jadi bagian permainan kami," ujar Elizabeth Emmanuel kepada Vogue, beberapa waktu lalu. (Jihan Karina Lasena)

3 dari 3 halaman

Seputar Putri Diana

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya