Video Hoaks Sepekan: Unjuk Rasa Lawan China di Kuala Lumpur hingga Pengantin Naik Motor Jemput Pasangan

Beberapa video hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 29 Mar 2021, 13:10 WIB
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Misalnya saja video yang diklaim unjuk rasa di Kuala Lumpur melawan arogansi China beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Ryan Syarifudin pada 19 Maret 2021.

Dalam video berdurasi 2 menit 40 detik itu, tampak suasana jalanan sebuah kota dipenuhi massa yang berunjuk rasa. Mereka yang turun ke jalan tampak mengenakan pakain serba putih.

Akun Facebook Ryan Syarifudin kemudian mengaitkan video tersebut dengan demonstrasi di Kuala Lumpur melawan arogansi China pada Jumat 19 Maret 2021 pagi.

"Kuala lumpur pagi tadi ,melawan arogansi cina..," tulis akun Facebook Ryan Syarifudin.

Video yang disebarkan akun Facebook Ryan Syarifudin telah 88 kali direspons dan mendapat 30 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, video yang diklaim unjuk rasa di Kuala Lumpur melawan arogansi China pada 19 Maret 2021 ternyata tidak benar.

Faktanya, video tersebut merupakan unjuk rasa memprotes rencana ratifikasi pemerintah atas Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial (ICERD) di Kuala Lumpur, Malaysia pada 8 Desember 2018 lalu.

Selain video yang diklaim unjuk rasa di Kuala Lumpur melawan arogansi China, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

Video Hoaks Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Ajukan Pensiun Dini

Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Pensiun Dini (sumber: Facebook)

Kabar tentang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Crut pada 16 Maret 2021.

Akun Facebook Crut mengunggah sebuah video berjudul "WADUH GAWAT!!!~BERITA TERBARU HARI INI~MENGEJUTKAN FADIL IMRAN AJUKAN PENSIUN DINI~VIRAL".

"JANGAN LARI KAU FADIL

WADUH GAWAT!!!~BERITA TERBARU HARI INI~MENGEJUTKAN FADIL IMRAN AJUKAN PENSIUN DINI~VIRAL," tulis akun Facebook Crut.

Konten yang disebarkan akun Facebook Crut telah 77 kali ditonton dan mendapat 5 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, kabar tentang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini ternyata tidak benar. Faktanya, Irjen Fadil Imran masih menjadi polisi aktif dan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Narasi yang disebarkan akun Facebook Crut tidak sesuai fakta sebenarnya.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Pengantin Wanita Jemput Pasangannya Pakai Motor

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Pengantin Wanita Jemput Pasangannya Pakai Motor (sumber: facebook)

Sebuah video yang diklaim seorang pengantin wanita kabur menjemput pasangannya pakai sepeda motor beredar di media sosial. Video tersebut diunggah akun Facebook Legidin Suarez pada 14 Maret 2021.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak seorang wanita mengenakan baju pengantin tengah mengendarai sepeda motor. Wanita itu melewati jalanan yang ramai dipenuhi kendaraan.

Akun Facebook Legidin Suarez kemudian mengaitkan video tersebut dengan kabar pengantin wanita menjemput pasangannya pakai sepeda motor.

"Pengantin wanita jemput pengantin pria pakai motor,gara-gara ketiduran waktu nikah..😁.Landusari,Pekalongan," tulis akun Facebook Legidin Suarez.

Video yang disebarkan akun Facebook Legidin Suarez telah 366 kali ditonton dan mendapat 6 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, Video yang diklaim seorang pengantin wanita kabur menjemput pasangannya pakai sepeda motor ternyata tidak benar.

Faktanya, wanita dalam video tersebut merupakan seorang model dan ingin melakukan sesi pemotretan. Narasi yang disebarkan dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya