6 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat dari Bandara Internasional Yogyakarta

Sebelum naik pesawat dari Bandara Yogyakarta, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda ketahui. Apa saja?

oleh Putu Elmira diperbarui 15 Jan 2021, 08:01 WIB
Beberapa petugas mengecek area apron Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (23/4). Beragam simulasi dilakukan untuk memastikan kelayakan dan keamanan Bandara Internasional Yogyakarta yang rencananya beroperasi, 29 April. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian di masa pandemi corona Covid-19 turut disertai dengan berbagai ketentuan yang wajib dilakukan. Begitu pula ketika akan naik pesawat dari Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Calon penumpang harus mempersiapkan beberapa hal sebelum naik pesawat. Hal tersebut guna membuat perjalanan kian nyaman, aman, dan menyenangkan.

Melalui akun Instagram resmi, Bandara Internasional Yogyakarta berbagi beberapa persyaratan perjalanan udara yang perlu dipenuhi sebelum keberangkatan. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Tiba di bandara

Calon penumpang disarankan untuk tiba di Bandara Internasional Yogyakarta maksimal 3--4 jam sebelum waktu keberangkatan. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi anteran pemeriksaan.

2. Mengisi eHAC dan bawa dokumen kesehatan

Perlu diketahui, calon penumpang juga wajib mengisi eHAC dan membawa dokumen kesehatan, baik hasil Rapid Test atau PCR test. Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE 3 tahun 2021 soal petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengaan transportasi udara dalam masa pandemi Covid-19 yang berlaku 9--25 Januari 2021.

Persyaratan itu salah satunya berbunyi soal calon penumpang pesawat udara dengan tujuan selain Pulau Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatid RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam. Atau, hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum waktu keberangkatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

3. Check-in

Kondisi ruang check in di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (23/4).Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelum berangkat, calon penumpang dapat check-in melalui beberapa cara. Mulai dari check-in lewat mobile apps atau situs web maskapai, mesin self check-in, atau langsung menuju counter check-in maskapai.

4. Menunggu di dekat gate

Setelah itu, langkah yang perlu diketahui dan perhatikan adalah Anda sebaiknya berada di boarding area 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Penumpang diimbau untuk menunggu di dekat gate sesuai dengan jadwal dan rute penerbangan.

3 dari 4 halaman

5. Jaga jarak

Ilustrasi eHAC. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Pastikan Anda untuk selalu menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan. Hal tersebut merujuk baik ketika berada di boarding area juga saat duduk di pesawat.

6. Barcode eHAC

Setelah sampai di bandara tujuan, Anda dapat menyiapkan barcode eHAC untuk ditujukan kepada petugas. Perlu diketahui, eHAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan wajib diisi calon penumpang sebelum bepergian.

Para calon penumpang dapat mengunduh eHAC melalui Google Play Store atau Apple Store dengan nama eHAC Indonesia. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs web milik Kementerian Kesehatan RI, inahac.kemkes.go.id.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya