Ledakan Bom dan Penembakan Landa Afghanistan, 3 Orang Tewas

3 orang tewas, dalam serangan bom dan insiden penembakan yang melanda Kabul, Afghanistan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Des 2020, 07:06 WIB
Ilustrasi Penembakan (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Liputan6.com, Jakarta- Serangan bom dan penembakan terpisah di Kabul Afghanistan telah menewaskan tiga orang, menurut kepolisian setempat. 

Menurut juru bicara kepala polisi Kabul, Ferdaws Faramarz, ledakan itu berasal dari sebuah bom yang dipasang di kendaraan lapis baja, dan menewaskan dua orang serta melukai sedikitnya dua lainnya pada 13 Desember 2020, seperti dikutip dari Aljazeera, Senin (14/12/2020). 

Namun, belum adanya informasi lebih lanjut terkait serangan bom tersebut. 

Faramarz menambahkan, di hari sama seorang jaksa pemerintah Afghanistan juga tewas akibat ditembak di wilayah timur Kabul.

Jaksa tersebut sedang dalam perjalanan ke tempat kerjanya ketika ia diserang oleh seseorang tak dikenal di lingkungan Kart-e Now, Kabul

Sementara itu, belum adanya pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Saksikan Video Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Sejumlah Serangan Sebelumnya

ilustrasi peluru tembakan. (iStockphoto)

Sebelum serangan tersebut, kelompok militan ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Kabul dalam beberapa bulan terakhir.

Kelompok tersebut juga mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap institusi pendidikan yang menewaskan sebanyak 50 orang, yang kebanyakan dari mereka adalah pelajar.

Kedua serangan pada 13 Desember, terjadi sehari ISIS menyerang ibu kota dengan rentetan mortir, menewaskan sedikitnya satu warga sipil dan melukai satu orang lainnya. 

Kelompok militan tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan melalui media yang berafiliasi dengannya, yakni Amaq News. 

Selain itu, ISIS juga menyatakan bahwa pihaknya menembakkan 10 roket Katyusha ke arah Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul. 

Tiga roket menghantam bandara, sementara roket lainnya mendarat di daerah pemukiman kota, menurut Kementerian Dalam Negeri Afghanistan.

Diketahui dalam beberapa bulan terakhir, kekerasan di Afghanistan telah meningkat meski ketika pemerintah Afghanistan dan Taliban bertemu untuk berunding di Qatar untuk menuntaskan kesepakatan damai yang dapat mengakhiri perang selama beberapa dekade. 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya