Studi: Pergi ke Kantor Buatmu 2 Kali Lebih Berisiko Terkena Covid-19

Ternyata mereka yang pergi ke kantor untuk bekerja selama pandemi Covid-19 menaikkan risiko terkena virus itu dua kali lipat.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 13 Nov 2020, 14:03 WIB
Ilustrasi meja kerja (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Meski PSBB transisi diberlakukan, namun dengan beberapa tempat yang dibuka kembali, mau tak mau Anda menjalani hidup seperti biasa dalam aspek tertentu. Sayangnya, hal tersebut justru dapat menaikkan peluang risiko Anda terkena Covid-19.

Menurut laporan baru oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada satu hal yang mungkin Anda lakukan setiap hari yang menggandakan peluang Anda tertular Covid-19. Hal tersebut yakni pergi ke kantor untuk bekerja.

Studi baru tersebut dirilis dalam Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian CDC. Para peneliti melihat sampel dari 314 orang dewasa yang bekerja di atas usia 18 tahun yang menerima tes Covid-19 di fasilitas rawat jalan pada bulan Juli.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Hasil penelitian

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Hasil menunjukkan bahwa mereka yang pergi ke kantor untuk bekerja dan melakukannya selama seminggu penuh, dua kali lebih mungkin terkena Covid dibandingkan mereka yang bekerja penuh atau paruh waktu secara online di rumah.

"Investigasi ini memberikan bukti manfaat potensi kesehatan dari bekerja secara online di rumah terkait dengan pandemi Covid-19," tulis peneliti dalam rilis tersebut seperti dilansir dari Bestlifeonline.

"Membiarkan atau mendorong karyawan untuk bekerja di rumah secara online merupakan pertimbangan penting untuk mengurangi penularan Covid."

 

3 dari 4 halaman

Perbedaan sosial ekonomi bagi yang dapat bekerja di rumah

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Peneliti dalam penelitian itu juga menunjukkan bahwa perbedaan sosial ekonomi memainkan faktor utama dalam siapa yang dapat bekerja di rumah.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk meningkatkan langkah-langkah kesehatan di tempat dalam kasus di mana karyawan harus datang bekerja, seperti memakai masker atau membatasi waktu tatap muka dengan karyawan lain. Ini akan membantu mengurangi penyebaran virus di tempat kerja.

 

4 dari 4 halaman

Bukan satu-satunya tempat yang berisiko

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Meski demikian, kantor bukan satu-satunya tempat di mana Anda dapat meningkatkan risiko terkena Covid. Ada beberapa tempat lainnya yang juga berisiko membuat Anda terkena Covid.

Tempat-tempat tersebut yakni:

  1. Restoran
  2. Bar, Kedai Kopi, atau Kafe
  3. Gym
  4. Rumah Ibadah

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya