4 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Membawa Ponsel ke Toilet

Berikut ini deretan alasan mengapa kalian harus setop membawa ponsel ke toilet.

oleh Camelia diperbarui 06 Okt 2020, 16:00 WIB
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu yang kini sudah kecanduan dengan ponsel. Tak sedikit yang membawa ponsel kemana saja mereka berada. Bahkan mereka tak ragu membawa ponsel untuk “menemani” mereka ketika pergi ke toilet.

 

Jika Anda salah satu yang melakukannya, ada baiknya mulai mempertimbangkan hal tersebut. Ada beberapa risiko yang bisa mengintai Anda jika kerap membawa ponsel ke toilet. Melansir dari Bright Side, Selasa (6/10/2020), berikut ulasannya.

1. Bisa menyebarkan banyak bakteri berbahaya

Ilustrasi Toilet (pixabay.com)

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ponsel lebih kotor daripada dudukan toilet itu sendiri, fakta yang cukup menjijikkan, bukan?

Pada penelitian yang dilakukan kepada anak-anak sekolah menengah, peneliti menemukan bakteri E. coli pada ponsel mereka. Bakteri berbahaya ini dapat menyebabkan masalah usus seperti keracunan makanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

2. Berisiko terkena wasir

Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Membawa ponsel ke kamar mandi rupanya dapat membuat Anda berisiko terkena wasir. Hal ini mungkin terjadi karena jumlah waktu yang dihabiskan di toilet lebih lama.

Meskipun penelitian perlu dilakukan lebih lanjut, setidaknya ada fakta yang menyebutkan bahwa kasus ambeien telah meningkat sejak diperkenalkannya ponsel pintar.

3 dari 4 halaman

3. Dapat menyebabkan disfungsi panggul

Ilustrasi Sakit Pinggang Credit: unsplash.com/Gemma

Menghabiskan waktu lama di toilet sambil bermain ponsel bisa menimbulkan masalah bagi otot Anda. Secara khusus, organ tubuh Anda seperti usus, kandung kemih, dan vagina bisa tergelincir karena otot dasar panggul tidak lagi cukup kuat untuk menopangnya.

Ini sebagian karena postur tubuh kita saat duduk di toilet, terutama jika kita membungkuk dalam waktu lama.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan ketergantungan pada ponsel

Ilustrasi main ponsel (Sumber: Pixabay)

Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel membuat kita sangat bergantung dengan benda tersebut. Terlebih lagi jika Anda benar-benar tak dapat melepasnya hingga harus membawanya ketika di toilet.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya