Mulai Hari Ini, KA Turangga dan KA Lokal Siliwangi Kembali Beroperasi

Delapan rangkaian kereta api kembali dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 2 Bandung.

oleh Arie Nugraha diperbarui 03 Jul 2020, 12:15 WIB
Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (15/3/2020). PT KAI Daop I Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan KA jarak jauh untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Delapan rangkaian kereta api kembali dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 2 Bandung mulai hari ini Jumat, 3 Juli 2020. Rincian rangkaian kerata api di wilayah Daop 2 Bandung, yaitu 2 KA Jarak jauh dan 6 KA Lokal.

Menurut juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea, rangkaian kereta yang mulai beroperasi hari ini adalah KA Turangga relasi Bandung - Surabaya Gubeng. Noxy mengatakan keberangkatannya Stasiun Bandung pukul 18.05 WIB sampai Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.07 WIB, pada tanggal 3, 4, 5, 10, 11, 12, 17, 18, 19, 24, 25, 26, 30, 31 Juli 2020.

"Ada pula KA Turangga relasi Bandung – Gambir. Keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 06.05 WIB sampai Stasiun Gambir pukul 09.19 WIB, pada tanggal 4, 5, 6, 11, 12, 13, 18, 19, 20, 25, 26, 27, 31 Juli 2020 dan 1 Agustus 2020," kata Noxy dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Jumat, 3 Juli 2020.

Selain itu KA Lokal Siliwangi relasi Sukabumi - Cianjur – Ciranjang dengan keberangkatan Stasiun Sukabumi pukul 05.45 WIB. KA Lokal Siliwangi relasi Ciranjang - Cianjur- Sukabumi, keberangkatan Stasiun Ciranjang pukul 08.20 WIB.

Ditambah KA Lokal Siliwangi relasi Sukabumi - Cianjur – Ciranjang, keberangkatan Stasiun Sukabumi pukul 10.55 WIB. KA Lokal Siliwangi relasi Ciranjang - Cianjur – Sukabumi, keberangkatan Stasiun Ciranjang pukul 13.40 WIB.

KA Lokal Siliwangi relasi Sukabumi - Cianjur - Ciranjang keberangkatan Stasiun Sukabumi pukul 16.15 WIB. KA Lokal Siliwangi relasi Ciranjang - Cianjur – Sukabumi, keberangkatan Stasiun Ciranjang pukul 18.50 WIB.

“Perjalanan KA Turangga hanya beroperasi setiap akhir pekan. Sedangkan untuk KA Siliwangi berjalan setiap hari” ucap Noxy Citrea.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

KA Lain

Kereta api jarak jauh saat menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (29/3/2020). PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta membatalkan 28 perjalanan Kereta Api keberangkatan jarak jauh mulai 1 April - 1 Mei 2020 dalam upaya memutus penyebaran virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, sejak Juni 2020 Daop 2 Bandung telah mengoperasikan KA Jarak Jauh yaitu KA Kahuripan dan KA Serayu Pagi serta menambah 9 perjalanan KA Lokal. Sehingga mulai 3 Juli 2020, total perjalanan kereta api di Daop 2 menjadi 52 perjalanan yang terdiri dari 6 KA Jarak Jauh pp dan 46 KA Lokal.

PT KAI Daop 2 akan terus melakukan evaluasi mengikuti perkembangan di lapangan. Jika terdapat perpanjangan waktu atau kembali beroperasinya KA dalam kondisi The New Normal, maka akan diinformasikan kembali secara resmi.

"Untuk penumpang KA Lokal, beberapa persyaratan tambahan sesuai dengan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19," ujar Noxy.

Syaratnya antara lain setiap penumpang diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam). Kemudian suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Sementara untuk penumpang KA Jarak Jauh lanjut Noxy, persyaratannya adalah menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan atau Rapid Test.

"Ditambah mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler. Selain itu, khusus bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta," tutur Noxy.

3 dari 3 halaman

Cek Suhu Penumpang

Daops 3 Cirebon masih perpanjang perjalanan kereta api hingga akhir Juni 2020. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Noxy juga mengingatkan agar penumpang dalam kondisi sehat atau tidak menderita flu, batuk dan demam. Wajib mengenakan masker.

Suhu tubuh penumpang lanjut Noxy, tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Juga menggunakan pakaian pelindung seperti jaket atau pakaian lengan panjang.

“Mari kita patuhi bersama protokol kesehatan yang diterapkan dalam perjalanan kereta api agar kesehatan tetap terjaga. Meski KA Reguler beroperasi di tengah pandemi, KAI tetap bertekad melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat sampai tujuan dengan tidak melanggar protokol pencegahan COVID - 19,” ucap Noxy.

Noxy menerangkan, khusus untuk perjalanan KA Jarak Jauh penumpang diharuskan mengenakan Face Shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga zona 2 (dua) stasiun tujuan. Khusus untuk penumpang infant, diwajibkan membawa face shield sendiri saat menggunakan kereta api jarak jauh.

Namun jika salah satu persyaratan tidak terpenuhi maka kami mohon maaf calon penumpang tidak akan diizinkan naik kereta dan bea tiket akan dikembalikan secara penuh. Noxy menghimbau kepada penumpang KA Jarak Jauh untuk datang paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

"Hal tersebut dikarenakan pada saat boarding, ada tahapan verifikasi berkas oleh petugas dan kelengkapan penumpang lainnya sebelum diizinkan naik KA. Untuk pengaturan pshyical distancing, saat ini KAI hanya menjual tiket 70 persen tiket dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," ungkap Noxy.

Tiketnya sendiri dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 dan untuk penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. (Arie Nugraha)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya