Jurus Pemerintah Amankan Bahan Pangan Jelang Lebaran

Kementan menyiapkan skema pengamanan bahan pangan dalam satu pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

oleh Tira Santia diperbarui 20 Mei 2020, 20:00 WIB
Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan skema pengamanan bahan pangan dalam satu pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, mengatakan skema tersebut antara lain menjamin ketersedian 11 bahan pangan disetiap provinsi diseluruh Indonesia, yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

“Monitor dan pengendalian harga,” kata Agung kepada Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Lanjutnya, monitor dan pengendalian harga itu sesuai dengan arahan Kementerian pertanian yang akan terus melakukan pemantauan distribusi ketersediaan bahan pangan dengan cermat.

Sebelumnya, ia juga mengatakan Kementerian Pertanian memperkirakan ketersediaan produksi bahan pangan aman hingga Agustus.

2 dari 2 halaman

Lintas Sektoral

Seorang ibu membeli kebutuhan pokok di pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (2/12/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi sepanjang Januari-November 2019 sebesar 2,37 persen, lebih kecil ketimbang periode yang sama tahun lalu sebesar 2,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tentunya ia berharap hal tersebut bisa tercapai, dengan cara memonitor distribusi bahan pangan dengan baik. Selain itu, memonitor distribusi bukan hanya tugas dari Kementerian Pertanian, tetapi ini adalah kerja bersama dengan Kementerian terkait seperti koordinasi bersama Kementerian Koordinator Bidang perekonomian, kementrian perdagangan, dan satuan tugas pangan.

Kemudian pengamanan bahan pangan, akan dilakukan pasar murah atau operasi pasar jika diperlukan, demi menjaga bahan pangan menjelang lebaran nanti.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya