Seruan untuk Beralih ke Pangan Berbasis Nabati

Peralihan ini tak hanya untuk mencegah pandemi di masa depan, tetapi ada deretan efek positif yang diberikan.

oleh Putu Elmira diperbarui 03 Mei 2020, 13:44 WIB
Ilustrasi makanan vegetarian (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Platform daring kuliner, Plantful.id mendorong masyarakat untuk beralih ke pangan berbasis nabati. Peralihan tersebut memiliki tujuan yang tidak hanya untuk menghindari terjadinya pandemi di masa mendatang.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, peralihan juga disebabkan oleh beragam dampak positif lain yang mungkin terjadi karena masyarakat berpaling ke pangan berbasis nabati.

Pendiri Plantful.id Novita Natalia berharap masyarakat dapat menerapkan pola makan berbasis nabati sebagai salah satu alternatif mencegah pandemi.

"WHO menyatakan virus corona sebagai pandemi yang berasal dari kelelawar. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengubah pola makan dari yang berbasis hewani menjadi berbasis nabati," jelas Novita.

"Tentu, kami di Plantful.id mendorong proses peralihan gaya hidup ini bisa berjalan dengan smooth dan dilakukan secara perlahan," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Dampak Positif

Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)

Selain itu, ia juga menambahkan pilihan mengubah pola makan menjadi berbasis nabati memberi ruang untuk mendapatkan beragam dampak positif. Pangan nabati memiliki kandungan protein, vitamin mineral yang cukup tinggi.

"Selain itu, kita juga bisa menurunkan risiko terjadinya pandemi virus yang berasal dari hewan di masa mendatang. Gaya hidup vegan bisa memberikan banyak dampak positif bagi kita semua," jelas Novita.

Sementara, Plantful.id berkomitmen untuk memperkenalkan gaya hidup vegetarisme yang inklusif sekaligus ramah kantong. Berdiri sejak April 2019, platform ini telah menjangkau total 30 ribu kotak makan berbasis nabati pada konsumen di wilayah Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya