Menhan Prabowo Bantu 5.000 Alat Rapid Test ke Pemkot Bekasi

Kota tersebut berbatasan langsung dengan Ibu Kota, yang kini menjadi sumber pandemi.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 28 Apr 2020, 19:21 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono, membantu upaya pencegahan dan menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan memberikan bantuan alat test cepat atau Rapid Test Kit untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Total ada 5.000 alat yang diserahkan secara simbolis di kantor Kemhan, hari ini, Selasa (28/4/2020).

"Bantuan Rapid Test Kit ini adalah bagian dari upaya Kemhan untuk ikut serta secara aktif dalam kampanye melawan Covid-19. Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia, upaya Kemhan ini dilakukan dengan mengalihkan atau merelokasi anggaran untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19," kata Prabowo dalam keterangannya.

Dia menjelaskan alasan memilih Kota Bekasi. Kota tersebut berbatasan langsung dengan Ibu Kota, yang kini menjadi sumber pandemi. Pihaknya, juga berencana akan membantu daerah-daerah lainnya.

"Dengan bersama-sama kita juga ingin terjun di daerah-daerah yang penting, untuk ikut serta bersama lembaga-lembaga lainnya," ungkap Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Deteksi lebih awal

Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Wamenhan Sakti menuturkan, rapid test merupakan salah satu cara untuk bisa mendeteksi lebih awal penyebaran Covid-19," jelas Sakti.

Dia pun menghargai Wali Kota Bekasi yang menyempatkan mampir ke Kemhan untuk menerima bantuan ini.

"Dan percayalah, Kementerian Pertahanan akan selalu berusaha berjuang untuk kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia,"  kata Sakti.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan terima kasihnya. Dengan adanya bantuan tersebut, akan sangat membantu Pemkot Bekasi dalam memetakan dan mengidentifikasi 56 Kelurahan di wilayahnya yang full sudah zona merah.

"5.000 review tes yang diberikan oleh Kemhan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berjuang di garis depan yang seperti Menhan sampaikan berjuang dalam menghadapi musuh yang tidak kelihatan bentuknya," pungkasnya. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya