Ciptakan Pilkada 2020 Aman, KPU Temui Kapolda Maluku

KPU bersama kepolisian akan bersinergi, sehingga Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 10 Mar 2020, 18:31 WIB
Aparat kepolisian berjaga di balik kawat berduri saat sidang lanjutan Basuki T Purnama (Ahok) di depan Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (20/4). Sidang pembacaan tuntutan digelar sehari setelah pemungutan suara Pilkada DKI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menemui Kapolda Maluku guna membangun sinergitas dalam rangka menciptakan Pilkada 2020 yang aman dan damai.

Kedatangan Komisioner KPU Maluku dipimpin Ketua Syamsul Rifan Kubangun dan disambut langsung Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar beserta sejumlah pejabat utama di Mapolda Maluku, Ambon pada Senin, 9 Maret 2020.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, kunjungan yang dilaksanakan seluruh komisioner KPU dalam rangka silaturahmi dan membangun sinergitas untuk mewujudkan Pilkada Serentak yang aman, damai, lancar, dan sukses.

"Kita silaturahim dengan Pak Kapolda karena kita adalah mitra utama, apalagi dalam momentum Pemilu maupun Pilkada," ujar Syamsul, melansir Antara, Selasa (10/3/2020).

Menurut Syamsul, KPU bersinergi dengan Polda Maluku dalam rangka menyukseskan pilkada serentak yang aman dan lancar di Kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

"Memang kita tahu bersama bahwa keamanan itu menjadi tanggung jawab kita bersama, namun tidak terlepas dari campur tangan aparat kepolisian dan seluruh jajarannya untuk menjamin pelaksanaan Pilkada yang aman dan sukses," jelas Syamsul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Perintah Kapolda

Kepolisian menyiagakan unit gerak cepat untuk pengamanan Pilkada Serentak 2018. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar menegaskan, pihaknya telah memerintahkan seluruh jajarannya.

"Terutama Kapolres di empat wilayah yang melaksanakan Pilkada untuk berkoordinasi maupun konsolidasi dengan pihak penyelenggara Pilkada, terkait kesiapan dalam mendukung kesuksesan Pilkada Serentak," ucap Baharudin.

Menurut Baharudin, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dalam mengamankan pilkada di empat kabupaten tersebut.

"Saya siapkan seluruh kekuatan yang kami miliki untuk membantu KPU dan Bawaslu dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai. Kami juga akan di-back up oleh rekan-rekan TNI," pungkas Baharudin.

Dia pun mengimbau seluruh masyarakat khususnya di empat wilayah tersebut untuk bisa membantu pihak penyelenggara dan aparat keamanan dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan sepanjang proses Pilkada hingga penetapan kepala daerah terpilih.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya