Potret Kota Solo Saat Berselimut Abu Merapi

Bandara Internasional Adi Soemarmo bahkan sempat ditutup selama 1 jam akibat landasan pacu yang diselimuti abu Gunung Merapi.

oleh Maria Flora diperbarui 04 Mar 2020, 08:12 WIB
Seorang pria menyaksikan Gunung Merapi menyemburkan material vulkanik ke udara di Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (AP Photo/Slamet Riyadi)

Liputan6.com, Jakarta - Sebaran abu Gunung Merapi tak hanya sempat menggangu sejumlah penerbangan, namun juga menjangkau wilayah-wilayah yang terbilang cukup jauh dari Gunung Merapi.

Saat erupsi Gunung Merapi terjadi, sekitar pukul ukul 05.22 WIB, tebarannya bahkan mencapai Kota Solo yang jaraknya mencapai 40 kilometer.

Hujan abu masih terus terjadi hingga pukul 09.00 WIB.

"Ini hujan abu tipis dari tadi jam 8.00 WIB. Kita harusnya pakai masker, tapi nggak ada yang jual," keluh Heru Santosa, warga Solo Baru saat itu.

Bandara Internasional Adi Soemarmo bahkan sempat ditutup selama 1 jam akibat landasan pacu yang diselimuti abu Merapi.

Lantas, seperti apa penampakan Kota Solo saat hujan abu mengguyur tempat kelahiraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi? 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

Kondisi lalu lintas Kota Solo usai diguyur abu Merapi. Meski terbilang lancar, baik roda 2 dan 4 menyalakan lampu kendaraan karena minimnya penghilatan.

Orang-orang menyeberang jalan yang tertutup abu setelah letusan Gunung Merapi di Solo (3/3/2020). Gunung paling aktif di Indonesia tersebut meletus pada 3 Maret pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter. (AFP Photo/Dika)
3 dari 4 halaman

Usai abu melanda Kota Solo, warga tetap beraktivitas normal. Agar tidak mengganggu pernafasan, warga mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Warga mengenakan masker berjalan setelah letusan Gunung Merapi di Solo (3/3/2020). Hujan abu yang melanda kota Solo membuat Bandara Internasional Adi Soemarmo ditutup. (AFP Photo/Dika)
4 dari 4 halaman

Guyuran abu Merapi usai erupsi terlihat jelas dalam foto di bawah ini. Abu yang menempel pada mobil terparkir di jalan terlihat sangat tebal

Sebuah mobil tertutup abu setelah meletusnya Gunung Merapi di Solo (3/3/2020). Hingga saat ini hujan abu masih terjadi akibat terbawa angin hingga ke arah timur sampai ke Kota Solo. (AFP Photo/Dika)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya