Spot Budaya dan Swafoto di Taman Maju Bersama

Taman Maju Bersama (TMB) menjadi solusi warga Jakarta untuk berkumpul. Selain memiliki spot-spot yang Instagramable untuk berselfie, TMB juga dijadikan untuk ruang interaktif warga.

oleh Gilar Ramdhani pada 29 Okt 2019, 12:35 WIB
Taman Hutan Srengseng telah disulap menjadi destinasi wisata baru yakni 'Spot Budaya' Taman Kembang.

Liputan6.com, Jakarta Taman Maju Bersama (TMB) menjadi solusi warga Jakarta untuk berkumpul. Selain memiliki spot-spot yang Instagramable untuk berselfie, TMB juga dijadikan untuk ruang interaktif warga.

Warga Jakarta Barat kini sudah bisa bernapas lega dan berbahagia. Selain wisata Kota Tua, Taman Hutan Srengseng telah disulap menjadi destinasi wisata baru yakni 'Spot Budaya' Taman Kembang. Wisata ini berlokasi di Jalan Ring Road Kembangan, Jakarta Barat.

Berada tepat di pintu keluar kupingan tol Kembangan ini memiliki beragam sarana ala wahana alam. Terlihat rumah pohon, ayunan jaring yang digemari anak-anak hingga dewasa, jembatan gantung, ayunan biasa, hammoc hingga kolam penampung air hujan menuju sumur resapan (rain garden) dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis. Bahkan, pengunjung dapat berselfie sesuka hati.

Antusias warga pun tinggi, dan setiap harinya pengunjung pun bertambah. Bahkan, kalangan karyawan yang berkantor di Kembangan dan sekitarnya juga ikut menikmati.

Kini, hadir juga taman spot budaya Kembang Kerep alias Bangker. Di taman itu disediakan panggung kecil untuk para seniman menampilkan kreasi mereka. Masyarakat pun bisa memanfaatkan taman tersebut untuk berbagai acara secara gratis.

Yanti, warga Kembangan ini senang dengan kehadiran Spot Budaya Taman Kembang Kerep. Taman ini menjadi terobosan ruang interaksi warga. Ibarat oase di tengah himpitan kota.

"Senang. Saya bisa bawa anak maen di sini, ngga perlu pergi jauh dari rumah dan keluar ongkos. Anak-anak bisa main ayunan jaring disini," kata dia.

Puas bermain di Jakarta Barat, kini giliran ke Jakarta Timur. Anda yang menyukai panorama alam bisa mampir di Taman Piknik di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur.

Di taman seluas 1 hektare tersebut, warga tidak hanya bisa merasakan hijaunya taman, tapi juga merasakan sejuknya udara karena memiliki danau buatan dengan ragam jenis ikan di dalamnya dan tanaman eceng gondok.

Taman ini terletak berdekatan dengan permukiman warga dan sekitar 1 kilometer dari Jalan Raya Kalimalang. Suasana asri terasa saat memasuki area yang ditanami berbagai tanaman. Untuk menuju taman utama, terdapat tangga. Di bawah tangga ada kolam berwarna hijau.

Di area taman utama ada beberapa pohon tabebuya yang baru ditanam. Jika berbelok ke arah kiri dari arah masuk, terdapat sebuah kolam yang dipenuhi eceng gondok.

"Pembangunan masing-masing Taman Maju Bersama, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak ada kriteria khusus lokasi dalam membangun Taman Maju Bersama, namun yang terpenting, taman ini untuk menambah RTH sebagai tempat berinteraksi warga," ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati.

Kemudian main-main di Taman Suropati yang terletak tak begitu jauh dari taman menteng, ke arah barat ini juga tak kalah menarik untuk mengisi akhir pekan. Sebuah taman yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro, Menteng Jakarta, atau tepatnya di dekat masjid Sunda Kelapa. Lokasinya dapat dijumpai dengan adanya air mancur di dekat patung berkuda Diponegoro.

Hanz, warga Menteng mengatakan, hampir setiap hari libur ia mengajak sang istri untuk berolahraga atau sekedar melepas penat atas rutinitas harian.

"Di sini kan bisa jogging, ya seringnya buat ngobrol aja sama istri atau teman. Ya harapannya kudu dibanyakin tempat hijau-hijau begini. Biar segar mata," ujar dia kepada Liputan6.com.

Lalu jangan lupa main ke Taman Menteng, memiliki luas kurang lebih 2 hektare dan berlokasi di antara Jalan Moh.Yamin dan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya