Demokrat Harap Menkominfo Bukan Orang Parpol

Ada kekhawatiran jika Menkominfo diisi figur partai politik, maka kemungkinan tidak bisa lepas dari kepentingan parpol yang dinaunginya nanti.

Oleh JawaPos.com diperbarui 19 Agu 2019, 06:43 WIB
Roy Suryo (Liputan6.com\Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta Politikus Partai Demokrat Roy Suryo memberikan catatan untuk pos Kemenkominfo. Menurutnya anggota Komisi I DPR ini, sektor ini penting harus terbebas dari kepentingan politik. Karena itu, dia berharap Menkominfo bukan dari partai politik.

"Sektor komunikasi dan Informatika itu sangat strategis. Agar tidak ada kepentingan bisnis di baliknya, maka Menkominfo harus masuk porsi 55 persen dari profesional. Cukup merugikan jika diisi orang partai,” kata Roy kepada wartawan dikutip dari JawaPos.com, Minggu (18/8/2019).

Ada kekhawatiran jika Menkominfo diisi figur partai politik, maka kemungkinan tidak bisa lepas dari kepentingan parpol yang dinaunginya nanti. Sebab, Kominfo menguasai frekuensi publik.

“Jika sampai terindikasi punya kepentingan, tentu tidak akan fair nantinya, apalagi Kominfo selaku regulator dari frekuensi milik ranah publik yang harus dijaga netralitasnya,” imbuh Roy.

Mantan Menpora ini mengapreasisi Menkominfo Rudiantara yang saat ini memimpin Kementerian Kominfo. Namun, dia menilai, apabila Jokowi memutuskan untuk diganti, maka paling tidak, penggantinya harus memiliki pemahaman yang baik tentang komunikasi dan informatika.

“Setidaknya paham soal-soal kebijakan dan dasar komunikasi dan  informatika,” pungkas Roy Suryo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya