Polda Metro Jaya Luncurkan PMJNews.com untuk Luruskan Berita Hoaks

Polda Metro Jaya meluncurkan portal berita seputar wilayah hukum Polda Metro Jaya bernama PMJNews.com.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Nov 2018, 12:01 WIB
Polda Metro Jaya meluncurkan portal berita seputar wilayah hukum Polda Metro Jaya bernama PMJNews.com.(Merdeka.com/ Ronald)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya meluncurkan portal berita seputar wilayah hukum Polda Metro Jaya bernama PMJNews.com. Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang menghadiri peluncuran menyatakan, portal berita tersebut dapat meluruskan berita bohong atau hoaks.

"Saya sangat mendukung, dengan adanya PMJNews ini menjadi barometer dan juga dapat meluruskan berita-berita hoaks," kata Idham di Polda Metro Jaya, Kamis (15/11/2018).

Idham mengatakan, PMJNews terus akan berjalan meskipun Raden Prabowo Argo Yuwono tak lagi menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Argo merupakan pemimpin umum PMJnews.com.

"Kalau Pak Argo tidak jadi Kabid Humas Polda, beda lagi kebijakan. Itu tidak boleh (berhenti) harus berkelanjutan," ucap Idham

Sementara itu, Argo Yuwono mengharapkan, PMJNews.com berjalan dengan cara kerja jurnalistik secara profesional. Sementara itu, Pemimpin Redaksi PMJNews adalah Rachmawati.

"PMJNews bisa terdepan dan terpercaya dan acuan kalau ada hoaks atau pemberitaan miring bisa kita luruskan. Harapannya semua fungsi-fungsi menjadi data, dan di humas punya big data dari polsek, polres, polda. Kita punya data dengan cepat dan terpercaya," kata Argo.

Dalam acara ini, hadir pula Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers sebagai tamu undangan dan juga para jajaran polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Lawan Hoaks

Beberapa waktu lalu, Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya mendeklarasikan sikap pemberantasan berita bohong alias hoax. Bersama satuan tingkat Polres setiap wilayah, mereka berkumpul mengenakan kaos seragam antihoax.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menyampaikan, hoax merupakan virus baru di era milenial ini. Dampaknya pun sangat besar bagi keutuhan bangsa.

"Di deklarasi ini, kita lawan hoax dengan beberapa kegiatan. Kita kejar (pelaku hoax), kita tangkap, kita adili secara hukum. Secara struktur di Krimsus sudah dibentuk tim (antihoax)," tutur Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin 13 Februari 2018.

Menurut Idham, beberapa kegiatan sosialisasi mengajak masyarakat untuk melawan hoax sudah diagendakan. Termasuk juga penggunaan atribut tertentu yang dapat menggandeng para generasi muda bangsa melawan isu hoax.

"Nanti akan diikuti seluruh jajaran Polres. Kami juga menciptakan stiker yang nanti akan dibagi ke seluruh pengguna jalan," jelas Idham.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya