Tarif Naik, Driver Gojek Diminta Tak Demo Saat Asian Games

Gojek dan Grab telah memenuhi tuntutan batas tarif yang diminta para pengemudi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 14 Agu 2018, 11:00 WIB
Massa driver Gojek membawa spanduk dan bendera merah putih saat berkumpul di jalan Asia Afrika, Jakarta, Senin (3/10). Mereka akan berkonvoi menuju kantor Gojek di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, untuk menyampaikan aspirasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) aktif memfasilitasi kebutuhan para pengemudi ojek online dengan aplikator. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan duduk bersama Gojek menjelaskan perubahan tarif yang dilakukan oleh Gojek.

Dalam acara tersebut, Gojek yang diwakili Nila Marita sebagai Chief of Corporate Affair dan Shinto Nugroho sebagai Chief Public Policy and Government Relations menyebutkan, tarif yang diterima driver Gojek adalah yang tertinggi di industri.

"Kami pastikan mitra mendapat yang terbaik dan layak. Tarif rata-rata driver jarak dekat di luar jam sibuk Rp 2.200- 3.300 per kilometer. Kami pastikan tarif kami yang tertinggi tapi tetap kompetitif," kata Nila dalam keterangannya, Selasa (14/8/2018).

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Angkutan Orang Direktorat Angkutan dan Multimoda Syafrin Liputo yang juga hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa Kemenhub terus membuka ruang diskusi antara aplikator dan driver online.

"Oleh karena itu, dengan adanya kebijakan dari aplikator, kami imbau (para pengemudi) untuk tidak melakukan demo di tanggal 18 Agustus nanti," tambahnya.

Syafrin menilai bahwa kedua aplikator, baik Gojek dan Grab telah memenuhi tuntutan batas tarif yang diminta para pengemudi. Sebelumnya, Grab telah menyatakan kenaikan tarif perjalanan pendek menjadi Rp 2.300.

Syafrin juga menyatakan bahwa hal ini merupakan kabar gembira bagi mitra pengemudi, terlebih Gojek menyediakan program khusus untuk memanjakan mitra pengemudi.

“Tentu tuntutan para driver sudah dipenuhi, terlebih dengan adanya program khusus yang memudahkan driver untuk memperoleh penghasilan tambahan. Kami berharap ancaman demo di tanggal 18 Agustus nanti tidak jadi dilakukan,” ujar Syafrin.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

2 dari 2 halaman

Program Khusus

ojek online

Selain menjelaskan mengenai tarif, Gojek menjabarkan tiga program yang dirancang khusus, yaitu Program Spesial Tujuh Belasan yakni dengan kemudahan penghasilan tambahan, kemudahan ganti oli, dan kemudahan tutup poin.

Oleh karena itu, Gojek juga berharap mitra dapat lebih aktif dalam masa 17 Agustusan ini untuk mengikuti program tersebut daripada menyuarakan aksi protes, terlebih tuntutan pengemudi tentang tarif telah dipenuhi oleh aplikator.

“Mari masyarakat kami ajak untuk menjaga keamanan dan ketertiban supaya Asian Games 2018 berjalan baik dan tunjukkan bahwa kita sebagai tuan rumah yang lebih baik dari penyelenggaraan Asian Games sebelumnya,” tutur Syafrin.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya