Bukannya Beri Bantuan, 5 Remaja Ini Justru Rekam Pria yang Tenggelam

Bukannya ditolong, sejumlah remaja di Florida justru tertawakan dan rekam orang yang tenggelam sampai tewas

oleh Nur Aida Tifani diperbarui 03 Jul 2018, 13:00 WIB
Ilustrasi Tenggelam (istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan kamu lakukan jika melihat seseorang tenggelam? Orang-orang yang memiliki hati nurani pasti berusaha untuk menyelamatkan orang itu bagaimana caranya. Ada yang ikut menyelam atau menelepon pihak berwenang untuk membantu.

Sayangnya, sejumlah remaja ini justru tak berbuat demikian. Mereka malah dengan tega merekam, mencibir, sampai dengan menertawakan orang yang sedang butuh bantuan tersebut.

Jamel Dunn, meninggal akibat tenggelam di sebuah kolam di Cocoa, Florida pada Juli 2017. Meski sudah 11 bulan kasus itu berlalu, namun ada hal yang tak terlupakan dari kematiannya.

Hal itu melibatkan kurangnya insting manusia untuk menolong satu sama lain. Dalam kasus Dunn, ada ulah lima remaja yang justru menertawakan Dunn sampai akhirnya pria itu tewas tenggelam daripada membantunya.

Setelah merekam kematian Dunn, lima remaja tersebut justru mengunggah rekaman mereka ke jejaring sosial hingga akhirnya membuat geram publik.

2 dari 3 halaman

Baru ditemukan tiga hari kemudian

(Foto: ATI) Pemakaman Jamel Dunn

Dunn sendiri bukan tanpa sebab tenggelam ke kolam. Setelah berdebat dengan tunangannya, Dunn berjalan sendirian ke kolam tersebut sampai akhirnya tercebur.

Karena tak ditolong, jenazah Dunn yang tenggelam baru ditemukan tiga hari kemudian. Setelah jasadnya dimakamkan, keluarga Dunn juga diberitahu tentang rekaman tersebut. Sehingga keluarga kemudian melaporkan insiden itu kepada polisi.

Saat diinvestigasi oleh pihak polisi, sebuah laporan menyatakan bahwa para remaja berusia 14-18 tahun itu tidak menunjukkan rasa penyesalan sedikitpun.

"Butuh waktu setahun memutuskan untuk tidak menuntut mereka. Satu tahun penuh untuk melakukan hal itu," kata Simone Mcintosh, saudari Dunn, dikutip dari All Thats Interesting.

Tuduhan yang ditujukan kepada mereka meliputi pelanggaran terhadap remaja di bawah undang-undang. Seharusnya lima remaja itu diharuskan untuk melaporkan kematian seseorang kepada pihak berwenang.

Kasus mereka telah diproses pada 22 Juni lalu. Sayangnya publik tak simpatik terhadap hasil persidangan. Kelima remaja tersebut tak dapat dituntut. Di Florida tidak ada hukum yang mengharuskan seseorang untuk melakukan pertolongan dalam situasi yang dialami Dunn.

3 dari 3 halaman

Tindakan yang tak masuk akal untuk menonton seseorang tenggelam

(Foto: Brevard County Sheriff's office via Time) Foto Jamel Dunn.

"Mereka tidak diharuskan untuk menolong, Mereka tidak melakukan perbuatan kriminal apapun. Tapi itu tindakan yang tak masuk akal untuk menonton seseorang meninggal," respon Mcintosh menanggapi tuntutan tersebut.

Sebagai anggota keluarga, tentu perasaaan marah dan keinginan untuk menghukum lima remaja tersebut muncul. Apalagi mereka mengejek, tertawa dan memberikan lelucon terhadap orang yang terdesak untuk ditolong.

"Bukan menjadi pekerjaan pemerintah atau polisi untuk melegitimasi moral, tapi kita sebagai masyarakat seharunya melakukan yang terbaik untuk menunjukan rasa belas kasihan," katanya menyesal dengan putusan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya