Lelang 5 Blok Migas, Negara Dapat US$ 3,25 Juta

Kementerian ESDM menawarkan 10 blok migas konvensional dengan proses 7 lelang penawaran langsung dan 3 lelang reguler.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 31 Jan 2018, 17:16 WIB
Kementerian ESDM berencana menyempurnaan sistem pengelolaan data hulu migas untuk mendorong eksplorasi migas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan pemenang lelang 5 Wilayah Kerja (WK) atau blok minyak dan gas bumi (migas‎) tahap I 2017. Dalam proses lelang tersebut, negara mendapat US$ 3,25 juta yang berasal dari bonus tanda tangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, ‎setelah melakukan seleksi, Kementerian ESDM langsung menetapkan pemenang lelang 5 blok migas Tahap I 2017.

Dalam lelang tersebut, sebenarnya Kementerian ESDM menawarkan 10 blok migas konvensional dengan proses 7 lelang penawaran langsung dan 3 lelang reguler.

"‎Untuk sisanya blok yang belum diminati, berstatus available," kata Ego, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Ego mengungkapkan, atas ditetapkan pemenang lima blok migas tersebut, maka total bonus tanda tangan yang didapat negara mencapai US$ 3,25 juta.

Sedangkan total investasi yang akan dikeluarkan untuk survei seismik 2D sepanjang 1.500 kilo meter (km), survei seismik 3D seluas 2.350 km dan pemboran 1 sumur eksplorasi mencapai US$ 23,6 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Blok Migas yang Dilelang

Kebutuhan Energi di Indonesia Meningkat Setiap Tahunnya, Terutama pada Sektor Migas

Ego menyebutkan, blok migas yang sudah ditetapkan pemenang lelangnya adalah Andaman I, dimenangkan Mubadala Petroleum, ‎dengan total bonus tanda tangan US$ 750 ribu.

Andaman II,‎ dimenangkan konsorsium Premier Oil Far East Ltd, KrissEnergy dan Mubadala Petroleum, dengan bonus tanda tangan US$ 1 juta.

Blok Migas Lampung, dimenangkan PT Tansri Madjid Energi dengan bonus tanda tangan US$ 500 ribu.‎

Pekawai dimenangkan PT Saka Energi Sepinggan, dengan bonus tanda tangan US$ 500 ribu dan West Yamdena‎ dimenangkan PT Saka Energi Indonesia, dengan bonus tanda tangan US$ 500 ribu.

"‎Dari penandatanganan lima blok migas ini, negara mendapat bonus tanda tangan sebesar US$ 3.250.000," tutup Ego.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya