Simak Cara Mudah Panen Rupiah dari Rumah

Mau panen rupiah dari rumah? Punya penghasilan rutin dari usaha di rumah? Simak caranya di sini!

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 04 Jan 2018, 18:09 WIB
Jika Anda tak mau yang tanggung-tanggung beli properti yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha, dan pilihannya adalah ruko alias rumah toko.

Liputan6.com, Jakarta Mau panen rupiah dari rumah? Punya penghasilan rutin dari usaha di rumah? Untuk gampangnya memang bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai tempat usaha. Tapi orang bijak mengatakan: “Usaha yang setengah-setengah hasilnya pasti akan setengah-setengah juga.”

Nah, jika Anda tak mau yang tanggung-tanggung beli properti yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat usaha, dan pilihannya adalah ruko alias rumah toko. Temukan puluhan pilihan ruko idaman Anda dari berbagai varian harga di sini.

Untuk menemukan ruko yang benar-benar sesuai keinginan, Anda juga bisa memanfaatkan layanan yang disediakan Rumah.com seperti lewat Review properti atau memanfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda.

Selanjutnya sebagai panduan agar Anda bisa panen rupiah dari rumah, begini caranya:

  • Kenali pangsa pasar Anda

Langkah paling penting untuk memulai usaha di ruko adalah menentukan jenis usahanya dengan melakukan riset yang cukup jeli disekitar kawasan ruko Anda. Kuncinya, ketahui apa yang menjadi kebutuhan lingkungan disekitar Anda.

Misalnya ruko Anda dekat sekolah atau kampus maka bisa mencoba usaha warnet dan fotokopi. Jika di sekitar ruko Anda banyak tersebar tempat kos bisa coba buka laundry atau rumah makan.

  • Dapatkan pemasok

Apapun jenis usaha yang jadi pilihan Anda pastikan bahwa Anda bisa mendapatkan supplier yang bisa memasok kebutuhan usaha Anda. Ini bukan soal sepele karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha Anda. Pertimbangkan harga, ketersediaan, serta kelancaran produksinya.

  • Strategi operasional

Setiap usaha tentu harus ada yang mengelola untuk operasionalnya dan ini butuh biaya. Untuk meminimalkan segala pengeluaran dari usaha yang sedang Anda rintis, sebaiknya maksimalkan saja segala sumber daya yang ada. Misalnya memberdayakan anggota keluarga atau ART, tentunya dengan insentif sehingga tidak dianggapnya sebagai beban kerja tambahan.

2 dari 2 halaman

Tips Buka Usaha di Ruko

  • Lakukan promosi

Usaha yang baru tentu saja tidak banyak orang yang tahu. Anda perlu berpromosi untuk memperkenalkannya. Caranya bisa dengan menyebarkan flyer di sekitar lingkungan tempat usaha.

Baca juga: Apartemen Kini Jadi Hunian Incaran dan Investasi yang Menjanjikan

Bisa juga memanfaatkan situs jejaring sosial di dunia maya dengan mendeskripsikan kualitas produk dari usaha yang Anda jalani, alamat jelas, dan kalau memungkinkan diperkuat dengan foto-foto atau tampilan yang menarik.

  • Kembangkan usahanya

Kunci sukses orang-orang besar adalah tidak pernah puas dengan keberhasilan yang diraihnya. Jadi jika usaha Anda sudah mulai berjalan dan kelihatan mulai menunjukkan hasil lakukan diversifikasi  usaha untuk memaksimalkan keuntungan dengan manfaatkan pelanggan atau tempat usaha yang sudah mulai dikenal orang.

Jika jenis usahanya warnet Anda bisa memanfaatkannya juga dengan menyediakan jasa pengetikan, bahkan dengan aneka minuman dan makanan ringan. Atau Anda juga bisa menggabungkannya seperti café dengan laundry dan lain sebagainya.

Mau permohonan KPR untuk pembelian rumah atau ruko Anda disetujui Bank? Cari tahu rahasianya di sini.

  • Berikan layanan prima

Pembeli adalah raja. Itulah motto yang harus Anda ingat dan terapkan dalam menjalankan usaha. Sebisa mungkin buat pelanggan Anda merasa nyaman dengan layanan yang ramah dan murah senyum.

Itulah tips panen rupiah dari rumah toko atau ruko. Atau jangan-jangan skala usaha Anda malah lebih besar? Temukan di sini untuk pilihan perkantoran dan pergudangan dari berbagai macam varian harga.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya