7-2-1999: Akhir Kepemimpinan Raja Yordania Hussein

Putra Raja Hussein bin Talal, Pangeran Abdallah bin Hussein kemudian naik takhta memimpin Yordania.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Feb 2017, 06:00 WIB
Raja Hussein bin Talal. (defenselink.mil)

Liputan6.com, Amman - Hari ini, 7 Februari 1999 tercatat sebagai momentum saat Raja Hussein bin Talal mangkat. Ia merupakan kepala negara -- pemegang kekuasaan eksekutif -- terlama di Abad ke-20.

Dilansir dari History.com, putranya, Pangeran Abdullah bin Hussein kemudian naik takhta memimpin Yordania.

Hussein merupakan raja konstitusional ketiga Yordania yang memimpin sejak 1952. Ia terbukti menjadi seorang pemimpin besar di negaranya dan di seantero Timur Tengah.

Pria kelahiran 14 November 1935 ini adalah anggota dari Dinasti Hashemite, yang diyakini berada dalam garis keturunan langsung dari Nabi Muhammad. Hashemite menjadi penguasa Yordania menyusul pembubaran Kekaisaran Ottoman di awal Abad ke-20.

Pada tahun 1963, Hussein menunjuk putranya yang baru berusia satu tahun, Pangeran Abdullah, sebagai pewaris. Tetapi setelah melalui serangkaian upaya pembunuhan, raja Yordania itu khawatir tak memiliki waktu untuk melihat Pangeran Abdullah dewasa.

Dia kemudian mengubah konstitusi Yordania untuk memungkinkan suksesi persaudaraan. Lalu pada 1965 ia mengangkat sang adik, Pangeran Hassan bin Talal, sebagai putra mahkota.

Hassan kala itu berusia 18 tahun.

Dengan demikian, Hassan sudah cukup usia berdasarkan hukum Islam untuk menghindari konflik yang mungkin membahayakan Dinasti Hashemite.

Setelah Pangeran Abdullah mencapai usia dewasa, Pangeran Hassan tetap menjadi putra mahkota. Namun akhir 1990-an ia menjabat sebagai pelaksana raja karena Raja Hussein menderita sakit berkepanjangan.

Pada Januari 1999, hanya beberapa pekan sebelum kematiannya, Raja Hussein menjadikan Pangeran Abdullah sebagai putera mahkota -- mengakhiri masa kepimpinan Pangeran Hassan yang berusia 34 tahun -- sebagai pewaris Yordania. Tunai sudah impiannya.

Raja Hussein menghembuskan napas terakhir di usia 63 tahun.

Hussein sudah lama ingin garis kerajaan kembali ke putra sulungnya, tapi tertunda dan hampir saja terlambat melakukannya. Pada Februari, Abdullah yang berusia 37 tahun naik takhta.

Pada tanggal yang sama tahun 1940, film kartun kedua besutan Disney, Pinocchio dirilis ke bioskop untuk pertama kalinya oleh RKO Radio Pictures.

Sedangkan pada 7 Februari 1935, tercatat sebagai momen pembuatan permainan Monopoli.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya