10 Lokasi Incaran Pencari Rumah di Indonesia

Rumah.com, merilis data lokasi properti terpanas di Indonesia selama semester pertama 2016.

oleh boyleonard diperbarui 22 Agu 2016, 19:58 WIB
Rumah.com, merilis data lokasi properti terpanas di Indonesia selama semester pertama 2016.

Liputan6.com, Jakarta Pada Pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2016 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan sejak 13 hingga 21 Agustus lalu, Rumah.com, merilis data lokasi properti terpanas di Indonesia selama semester pertama 2016.

Data tersebut diulas oleh Wasudewan, Country Manager Rumah.com pada acara Talkshow bersama Rumah.com, Sabtu (20/8), di ajang properti terbesar di Asia Tenggara ini.

Data ini diperoleh berdasarkan perilaku 2,2 juta pencari properti yang mengakses 4 juta halaman di Rumah.com setiap bulannya.

“Untuk properti dijual, Jakarta Selatan masih menjadi area yang paling diminati dibanding lokasi lain di seluruh Indonesia. Komposisi yang ideal antara tempat tinggal, perkantoran dan area komersial yang berkembang membuat Jakarta Selatan selalu menjadi favorit,” ujar Wasudewan.

Tak mengherankan, karena Jakarta Selatan telah lebih dulu didominasi hunian sebelum area perkantoran ramai seperti sekarang.

“Dan dibanding area lain, Jakarta Selatan juga lebih banyak dipenuhi pohon rindang dan taman kota dengan udara yang relatif bersih,” tambah Wasudewan.

Pada daftar area favorit tahun ini, Bandung bisa dibilang sebagai pendatang baru yang langsung melesat ke urutan tiga besar.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang memangkas waktu menjadi kurang dari 1 jam, dan telah memasuki tahap ground breaking pada awal tahun ini memperkuat daya tarik area ini di mata pencari properti.

Meski akan membentang sepanjang 140,9 km dengan empat stasiun di Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar, namun properti di Bandung yang paling merasakan dampak langsung.

Hal ini mengingat para pengguna moda ini diprediksi bakal didominasi masyarakat Jakarta dan Bandung.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com saat presentasi 10 lokasi favorit di Indonesia

Berikut daftar 10 lokasi favorit bagi para pencari properti:

Jakarta Selatan 81%
Jakarta Timur 80%
Bandung 79%
Tangerang 63%
Bekasi 55%
Bogor 55%
Tangerang Selatan 37%
Jakarta Barat 10%
Depok 14%
Surabaya 0,2%

Untuk di luar Pulau Jawa, 5 besar kota yang menjadi favorit adalah Medan (1,26%), Batam (1,03%), Denpasar (0,87%), Makassar (0,84%) dan Palembang (0.64%).

Dalam sesi talkshow yang dihadiri puluhan konsumen, agen, dan juga developer yang berjalan interaktif tersebut, Wasudewan juga menjelaskan, selain mengetahui lokasi favorit, para konsumen properti juga harus mengenali lebih dalam tentang hunian yang akan dibidik.

“Dan untuk membantu para pencari properti menentukan keputusan yang tepat, Rumah.com sebagai situs properti terdepan di Indonesia telah merilis fasilitas Review Properti yang menampilkan ulasan properti yang profesional, mendalam dan transparan dan satu-satunya di Indonesia,” jelasnya.

“Pada fasilitas tersebut para pencari properti dapat membaca ulasan dari Rumah.com secara lengkap sebelum memutuskan untuk berkunjung langsung ke lokasi,” tambah Wasudewan.

Ulasan tersebut mengungkap spesifikasi, fasilitas di dalam dan luar hunian, seperti rumah sakit, sekolah, stasiun hingga jalur transportasi yang sangat penting dipahami konsumen sebelum menggambil keputusan.

Wahyu Ardiyanto

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya