Harga Saham Melonjak, Kapitalisasi Pasar Facebook Kalahkan GE

Harga saham Facebook melonjak 4,6 persen menjadi US$ 108,76, sehingga nilai pasar perusahaan meroket mencapai US$ 308 miliar.

oleh Vina A Muliana diperbarui 06 Nov 2015, 19:38 WIB
Facebook (theimaginativeconservative.org)

Liputan6.com, New York - Kapitalisasi pasar Facebook akhirnya mampu melampaui kapitalisasi pasar General Electric (GE). Dengan terlampauinya kapitalisasi pasar GE oleh Facebook tersebut menandakan bahwa saat ini pendorong perekonomian di Amerika Serikat (AS) telah masuk ke era digital.

Mengutip CNBC, Jumat (6/11/2015), harga saham Facebook naik 5 persen menjadi US$ 108,76 per saham pada perdagangan Kamis 5 November 2015. Kenaikan harga saham tersebut membuat kapitalisasi pasar Facebook menyentuh angka US$ 308 miliar. Sedangkan di hari yang sama, harga saham GE hanya sedikit berubah dan kapitalisasi pasar perusahaan tersebut masih di kisaran US$ 299,60 miliar.

Kenaikan harga saham Facebook sangat tinggi setelah perusahaan tersebut mengumumkan laporan keuangan yang menunjukkan bahwa laba bersih perusahaan berada di angka US$ 896 juta dan pendapatan di angka US$ 4,5 miliar, lebih tinggi jika dibandingkan dengan ekspektasi Wall Street.

Tiga pekan sebelumnya, GE melaporkan laba kuartal III 2015 yang ada di angka US$ 2,51 miliar sedangkan pendapatan di angka US$ 31,68 miliar.

Peningkatan saham Facebook sepanjang tahun ini di atas pertumbuhan saham GE. Dari awal tahun, saham Facebook telah naik 42 persen sedangkan saham GE hanya di angka 17 persen.

Dengan masuknya Facebook ke dalam kategori perusahaan dengan kapitalisasi pasar di atas US$ 300 miliar ini menandakan bahwa saat ini ekonomi telah didorong oleh perusahaan-perusahaan digital. Beralih dari beberapa dekade sebelumnya yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan lama.

Saat ini hanya ada Exxon Mobil dan Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren buffett yang masuk ke dalam kategori Blue Chip. Mereka adalah perusahaan lama yang mampu bertahan di dalam kategori tersebut. Sedangkan lainnya saat ini diisi oleh perusahaan di sektor teknologi informasi atau perusahaan digital.

Apple, Google dan Microsoft memiliki nilai pasar terbesar di AS, diikuti oleh raksasa minyak dan konglomerat Warren Buffett. Facebook pada hari Kamis bergabung Amazon.com dalam Blue Chip setelah kapitalisasi pasar perusahaan pengecer online tersebut mencapai $ 300 miliar nilai awal pekan ini. (Vna/Gdn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya