Citroen: Desain Crossover Coupe Berbahaya

Kepala desain eksterior Citroen, Frederic Duvernier, mengatakan bahwa desain mobil crossover coupe sebetulnya berbahaya.

oleh Rio Apinino diperbarui 06 Okt 2015, 12:33 WIB
Kepala desain eksterior Citroen, Frederic Duvernier, mengatakan bahwa desain mobil crossover coupe sebetulnya berbahaya.

Liputan6.com, Paris - Kepala desain eksterior Citroen, Frederic Duvernier, mengatakan bahwa desain mobil crossover coupe sebetulnya berbahaya. Menurutnya, hal ini disebabkan karena keterbatasan visibilitas saat mengendarai mobil itu.

"Banyak SUV di mana Anda tidak bisa melihat ke belakang. Apa gunanya? Anda tidak bisa menaruh barang di bagasi dan tidak bisa melihat keluar. Jadi pada dasarnya mobil itu berbahaya," ujarnya, dikutip dari Caradvice, Selasa (6/10/2016).

Keterbatasan pandangan ini dikarenakan roofline yang terlalu melengkung. Selain mengurangi visibilitas, desain ini juga mengurangi keluasan headroom penumpang. "Mungkin modis, tapi saya pikir itu salah," tambahnya.

Adapun model-model yang ia maksud di antaranya adalah [BMW X4](2327530
"") dan X6, serta Mercedes-Benz GLE Coupe. Semuanya tergolong ke dalam
mobil yang mewah.

Sebagai antitesisnya, ia mengatakan mobil yang lebih baik adalah yang sederhana. Menurutnya, mobil harus fokus untuk mengembangkan kenyamanan, fungsionalitas, dan visibilitas pengemudi.

Model yang dia maksud khususnya merujuk pada C4 Cactus yang merupakan salah satu model terlaris di daratan Eropa. Menurutnya, model ini sangat sederhana sehingga "anak kecil bisa menggambarnya meskipun baru melihatnya satu kali."

(rio/gst)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya